Jakarta (ANTARA) - Platform pembuatan website Wix mengumumkan akan menghadirkan fitur pembuatan website dengan bantuan teknologi kecerdasan buatan (AI) di mana penggunanya hanya perlu menuliskan deskripsi dan menjawab beberapa pertanyaan terkait desain website yang akan dibuat.

Sebelumnya para pengguna Wix membuat website dengan memilih beragam opsi template yang tersedia. Namun, dengan kehadiran teknologi AI kini pengguna dapat membuat website lebih bebas dalam berkreasi serta lebih cepat dan efisien.

Dikutip dari The Verge para Rabu, Wix memanfaatkan sejumlah model AI seperti ChatGPT, DALL-E, termasuk model yang dikembangkan oleh Wix sendiri dalam proses pembuatan website. ChatGPT digunakan untuk menghasilkan teks sementara DALL-E dan model AI buatan Wix akan menangani proses desain dan lain-lain.

Baca juga: Mahasiswa Komunikasi UMM luncurkan 14 karya portal berita

Pembuatan website dilakukan dengan berinteraksi dengan chatbot AI di Wix. Pertama pengguna memasukkan deskripsi peruntukan website yang ingin dibuat. Setelah itu chatbot akan memberikan beberapa pertanyaan mengenai detail website.

Setelah mendapatkan deskripsi dan detail mengenai website yang ingin dibuat, chatbot akan menampilkan pilihan desain yang dapat dipilih sesuai keinginan pengguna.

Head of Product Wix, Yaara Asaf, mengatakan konten yang dihasilkan AI pembuat website di Wix tunduk pada undang-undang hak cipta dan hak kekayaan intelektual lainnya, di bawah hukum lokal dan internasional.

Oleh karena itu, sebelum menerapkan desain website yang dihasilkan Wix, pengguna perlu memastikan ketentuan hak cipta dari konten-konten yang ada dalam desain website tersebut.

"Pengguna perlu melakukan verifikasi terhadap konten sebelum dipublikasikan di situsnya," kata Asaf. Dia menambahkan Wix "Menentang segala bentuk konten pelecehan dan penipuan yang dipublikasikan di Wix".

Baca juga: Pemkot Kupang apresiasi mahasiswa UGM buat website kecamatan
Baca juga: Desa Ululoga di Nagekeo NTT manfaatkan digitalisasi promosikan wisata

Penerjemah: Farhan Arda Nugraha
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023