"Kita punya kedekatan dengan Australia, makanya kita undang. Bisa berpartisipasi dalam kategori film pendek, budaya atau kategori lainnya,"
Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengundang secara langsung Konjen Australia yang baru Todd Dias untuk berpartisipasi dalam kegiatan Makassar International Eight Festival and Forum atau F8 pada 23-27 Agustus 2023.

Undangan itu langsung diberikan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto saat kunjungan Todd Dias di Kediaman Pribadinya Jalan Amirullah, Rabu.

"Kita punya kedekatan dengan Australia, makanya kita undang. Bisa berpartisipasi dalam kategori film pendek, budaya atau kategori lainnya," katanya.

Danny -- sapaan akrab Ramdhan Pomanto berharap adanya kerja sama sister school yang mana guru-guru dan siswa-siswa asal masing-masing negara melakukan pertukaran pembelajaran.

Hal itu, kata dia, akan menambah pengalaman dan pengetahuan setiap guru dan siswa untuk bisa memahami wawasan secara global.

Dalam pertemuan singkat itu, mereka juga berbicara banyak hal, di antaranya upaya menyambung program yang telah berjalan antara Pemkot Makassar dengan Australia seperti program "Spasial Plane".

Pada program itu, pemkot terbantu dengan Remote Sensing dari Australia karena memiliki data base soal penurunan tanah dan tekanan air tanah akibat Sea Level Rise yang disebabkan oleh Climate Change.

Juga perihal kesejarahan antara orang Makassar dengan indigenous (pribumi) Australia yang memiliki kedekatan latar belakang.

Termasuk, dirinya berencana menepati undangan kuliah tamu di Darwin, meski waktunya masih menyesuaikan.

"Kolaborasi Pemkot Makassar dengan Australia sendiri berjalan baik, misal dalam proyek Revitalising Informal Settlements and their Environment (RISE) dengan Monash University," ujarnya.

Todd yang menggantikan Bronwyn Robbins menuturkan pihaknya juga berencana membuat pameran budaya di Makassar.

Olehnya, ia mengharapkan dukungan Pemkot Makassar agar kegiatan ini berjalan sukses.

Pria yang fasih berbahasa Indonesia ini resmi menggantikan Bronwyn dan bertugas sejak 1 Juli 2023.

 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023