Bantul Creative Expo 2023 ini sebagai salah satu bentuk perlindungan dan pemberdayaan UMKM untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produknya baik di tingkat regional, nasional dan internasional
Bantul (ANTARA) - Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menggelar "Bantul Creative Expo" pada 27 Juli sampai 6 Agustus 2023 sebagai upaya memberdayakan pelaku UMKM untuk memasarkan produk industri kreatif mereka.

"Bantul Creative Expo 2023 ini sebagai salah satu bentuk perlindungan dan pemberdayaan UMKM untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produknya baik di tingkat regional, nasional dan internasional," kata Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Bantul Agus Sulistiyana saat konferensi pers di Bantul, Jumat.

Bantul Creative Expo 2023 yang digelar selama 11 hari di kawasan Pasar Seni dan Wisata Gabusan Bantul tersebut mengambil tema "Membangun Ekosistem Kerajinan Bantul Untuk Indonesia".

Dia mengatakan, tujuan diselenggarakan pameran kerajinan itu adalah untuk memberikan sarana promosi produk-produk UMKM dan hasil inovasi pembangunan daerah, serta meningkatkan daya saing UMKM untuk selalu kreatif dan inovatif.

"Kemudian memberikan daya tarik investor maupun UMKM dalam mengembangkan Pasar Seni dan Wisata Gabusan, serta mendukung cita-cita Bantul untuk menjadi salah satu bagian dan Jejaring Kota Kreatif Dunia, dan memberikan hiburan kepada masyarakat," katanya.

Dia mengatakan, Bantul Creative Expo 2023 akan diikuti 98 stan terdiri stan lembaga pemerintah, perbankan, organisasi binaan pemerintah seperti Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) dan organisasi UMKM lainnya, serta stan swasta yang menyajikan berbagai produk-produk unggulan daerah.

"Selain stan yang dikelola Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, ada juga stan yang dikelola swasta yang lebih fokus pada peningkatan promosi dan transaksi UMKM yang diikuti oleh UMKM kerajinan, UMKM sektor lain, PKL dan swasta," katanya.

Dia mengatakan, ikon Bantul Creative Expo 2023 adalah Burung Kayu Yang Siap Terbang dengan Sayap Batik yang Mengepak dan Berbagai Warna yang mempunyai filosofi untuk terbang tinggi yang melambangkan bahwa Bantul siap terbang lebih mendunia menuju Bantul City of Crafts and Folk Art, dan bisa menjadi bagian dari jejaring kota kreatif dunia.

Dia juga mengatakan burung yang terbuat dari kayu dan ada motif batik dalam logo Bantul Creative Expo mencerminkan bahwa Kabupaten Bantul kaya akan berbagai jenis kerajinan.

"Kami berharap Bantul Creative Expo 2023 dapat mengembangkan UMKM, dan menjadi salah satu pendukung dalam mewujudkan Bantul City of Crafts and Folk Art pada 2025, serta menjual dan mempromosikan produk-produk Bantul sehingga perputaran uang meningkat, PDRB juga meningkat," katanya.

Baca juga: Pemkab Bantul - Pos Indonesia perlancar pengiriman produk UMKM
Baca juga: Bantul syaratkan usaha industri serap 70 persen tenaga kerja lokal

Pewarta: Hery Sidik
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2023