Jakarta (ANTARA) - Mastercard, salah satu perusahaan teknologi pembayaran global, mendonasikan lebih dari Rp1,5 miliar untuk UMKM melalui program sosial dengan kerja sama Grab Indonesia dan BenihBaik.com.

Dana yang terkumpul akan digunakan untuk penyediaan peralatan pengembangan usaha, bantuan modal usaha, dan pelatihan intensif untuk memberdayakan 130 usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di berbagai kota di Indonesia, seperti Bandung, Denpasar, Malang, Pekanbaru, Surabaya, dan beberapa kota lainnya.

“Selama program sosial ini berlangsung, lebih dari 50.000 pengguna Grab telah mengaktifkan kupon donasi untuk turut berpartisipasi, dan sebanyak 131.000 transaksi tercatat dari 23 November 2023 hingga 30 Desember 2023,” ujar Marketing Director Mastercard Indonesia Kenny Winandari dalam keterangan tertulis di Jakarta, Rabu.

Mastercard mendonasikan Rp10.000 untuk tiap transaksi pengguna di aplikasi Grab yang menggunakan kartu kredit atau debit Mastercard selama periode tersebut.

“Sebelumnya, Mastercard dan Grab Indonesia juga telah bekerja sama untuk mendukung pemberdayaan UMKM Indonesia pada 2022. Mastercard dan Grab meluncurkan program regional Small Business, Big Dreams untuk meningkatkan keterampilan para pekerja lepas dan usaha kecil di tiga pasar Asia Tenggara, termasuk Indonesia,” terang Kenny.

Lebih lanjut, dia mengatakan hingga Desember 2023, program tersebut telah menjangkau lebih dari 124.000 usaha kecil yang termasuk dalam ekosistem Grab di Indonesia.

Pada tahun yang sama, Mastercard juga berkolaborasi dengan Grab untuk memberdayakan 100 usaha kecil di Labuan Bajo dengan berbagai keterampilan yang dapat meningkatan hasil bisnis mereka, dengan memberikan program pelatihan yang membantu mengurangi hambatan dalam berkomunikasi dan meningkatkan kemampuan wirausaha bagi masyarakat setempat.

Baca juga: MRT Jakarta dan Mastercard kerja sama penamaan Stasiun Senayan
Baca juga: BSI Luncurkan Mesin ATM VISA dan Mastercard di Aceh
Baca juga: Indosat-Mastercard jalin kemitraan untuk tingkatkan pembayaran digital

 

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Biqwanto Situmorang
Copyright © ANTARA 2024