Jakarta (ANTARA) - Mantan gelandang timnas Polandia dan Borussia Dortmund Jakub Blaszczykowski mengumumkan pensiun sebagai pesepak bola profesional pada usia 37 tahun.

"Setiap jalan memiliki akhir. Saya membuat keputusan sulit untuk mengakhiri karier saya. Terima kasih untuk dukungan besar yang saya terima dalam setiap langkah perjalanan saya," tulis Blaszczykowski melalui laman resmi Facebooknya.



Baca juga: Raphael Guerreiro: Sebuah kehormatan bisa bermain untuk Bayern

Blaszczykowski memulai karier profesionalnya di Wisla Krakow. Ia kemudian bergabung ke Borussia Dortmund pada 2007 dan bertahan di klub Jerman itu selama sepuluh tahun, kecuali saat dipinjamkan selama setahun ke klub Italia Fiorentina.

Ia kemudian pindah ke Wolfsburg pada 2016 dan menghabiskan tiga musim di sana sebelum kembali ke Wisla.

Blaszczykowski tercatat mengoleksi 28 gol dari 235 penampilannya di Liga Jerman.

Ia membantu menyelamatkan Wisla dari kebangkrutan dengan membeli seperempat saham klub saat kembali ke sana pada 2019. Wisla sendiri merupakan klub juara Liga Polandia sebanyak 13 kali.

Setelah hanya bermain dua kali pada musim lalu karena lilitan cedera, ia akan mengucapkan selamat tinggal kepada Wisla pada pertandingan terakhirnya untuk klub itu pada 5 Agustus.

Blaszczykowski hanya tertinggal dari Robert Lewandowski pada catatan penampilan terbanyak untuk timnas Polandia.

Ia merupakan anggota timnas pada Piala Dunia 2018, namun tidak terpilih pada Piala Dunia terakhir yang dimainkan di Qatar pada Desember 2022.

Baca juga: Penembakan jelang Piala Dunia Sepak Bola Wanita tewaskan dua orang
Baca juga: Xavi Simons resmi jalani masa pinjaman bersama RB Leipzig

Pewarta: A Rauf Andar Adipati
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023