Marseille, Prancis (ANTARA News) - Pemain sayap tim nasional Polandia, Jakub Blaszczykowski, mencetak gol tunggal dalam laga pamungkas penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 yang memastikan negaranya membekuk Ukraina dengan skor 1-0 di Stadion Velodrome, Marseille, Prancis, Rabu dini hari WIB.

Kemenangan tersebut sekaligus memastikan Polandia lolos ke babak 16 besar, sebagai peringkat kedua Grup C lantaran di laga lain Jerman juga meraih kemenangan 1-0 atas Irlandia Utara.

Sementara Ukraina harus meninggalkan Prancis dengan tiga kekalahan dan tak sekalipun mencetak gol di putaran final Piala Eropa 2016.

Setelah menyelesaikan babak pertama tanpa gol, pelatih Adam Nawalka memutuskan menarik keluar Piotr Zielinski dan menurunkan Blaszczykowski pada awal babak kedua.

Keputusan itu terbukti manjur sebab gelandang Fiorentina itu hanya membutuhkan waktu sembilan menit di lapangan untuk memberikan kontribusi positif.

Menyambut umpan terobosan Arkadiusz Milik pada menit 54, Blaszczykowski lantas melakukan tusukan dan melepaskan tendangan yang melesak ke dalam gawang meninggalkan penjaga gawang Andriy Pyatov terdiam tak sanggup bereaksi.

Dua menit berselang Bartosz Kapustka hampir menggandakan keunggulan Polandia jika saja bola tendangannya dari sayap kiri tak menyamping tipis di sisi gawang.

Menit 64 Ukraina berusaha menyelamatkan muka mereka dan mencuri setidaknya satu poin, namun upaya tendangan sentuhan pertama Yevhen Konoplyanka masih melambung di atas mistar gawang.

Di sisa waktu pertandingan Ukraina setidaknya melakukan tiga percobaan berbahaya yang juga tak membuahkan hasil.

Tendangan Roman Zozulya pada menit 79 melebar, sepakan jarak jauh Ruslan Rotan pada menit 83 digagalkan penjaga gawang Lukasz Fabianski dan pada menit 85 gelandang Polandia Grzegorz Krychowiak melakukan penyelamatan gemilang memotong umpan tarik Konoplyanka kepada Zozulya yang berdiri bebas di daam kotak penalti.

Berikut susunan pemain yang diturunkan kedua tim seturut laman resmi EUFA.

Ukraina (4-2-3-1): Andriy Pyatov (PG); Artem Fedetskiy, Yevhen Khacheridi, Olexandr Kucher, Bogdan Butko; Taras Stepanenko, Ruslan Rotan; Andriy Yarmolenko, Oleksandr Zinchenko (Viktor Kovalenko), Yevhen Konoplyanka; Roman Zozulya (Anatoliy Tymoshchuk)
Pelatih: Mykhailo Fomenko

Polandia (4-4-2): Lukasz Fabianski (PG); Thiago Conek, Kamil Glik, Michal Pazdan, Artur Jedrzejczyk; Piotr Zielinski (Jakub Blaszczykowski), Grzegorz Krychowiak, Tomasz Jodlowiec, Bartosz Kapustka (Kamil Grosicki); Arkaidusz Milik (Filip Starzynski), Robert Lewandowski
Pelatih: Adam Nawalka

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2016