Depok (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) terus melebarkan sayap kerja sama dengan Islamic University of Technology (IUT) Bangladesh meliputi pertukaran mahasiswa dan dosen, program terkait penelitian dan riset serta kegiatan lain yang mendukung kedua pihak.

Penandatanganan MoU antara UI dengan IUT dilakukan oleh Rektor Universitas Indonesia., Prof. Ari Kuncoro., S.E., M.A., Ph.D., serta Vice Chancellor IUT Bangladesh Prof. Dr. Mohammad Rafiqul Islam.

Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, di Kampus UI Depok, Jumat, mengatakan bertemunya dua institusi pendidikan dari latar belakang budaya yang berbeda untuk bekerja sama adalah bentuk peningkatan kualitas akademik dari masing-masing universitas.

Selain itu, salah satu program unggulan dalam penyelenggaraan sistem pendidikan yang ada di FTUI pun sangat mendukung kerja sama akademik bersama dengan mitra-mitra asing.

Baca juga: FTUI jadi kampus teknik terbaik di Indonesia pada Dies Natalis ke-59

Baca juga: UI rancang kapal penangkap ikan bermesin hibrid yang ramah lingkungan


"Kami sangat membuka kesempatan seluas-luasnya kepada pihak IUT untuk bisa berkolaborasi dan bersinergi demi melahirkan Future Engineers yang andal," kata Prof. Heri.

Prof. Dr Mohammad Rafiqul Islam menyampaikan sambutan hangat yang diberikan oleh FTUI sangat berkesan. Kami merasa dengan FTUI akan banyak hal-hal yang bisa dikolaborasikan untuk meningkatkan sumber daya dalam hal ini mahasiswa dan dosen untuk dapat bersaing di kancah dunia.

IUT Bangladesh optimis dalam kerja sama bisa melakukan program kolaborasi double degree dengan FTUI, seperti program academic exchange, baik untuk mahasiswa maupun dosen dan peneliti.

"Kami pun memiliki skema pendanaan visiting scholar yang meliputi stipend dan biaya tiket, " ujar Prof. Dr. Mohammad .

Kunjungan dari delegasi IUT diwakili oleh Vice Chancellor IUT, Prof. Dr. Mohammad Rafiqul Islam; Pro Vice Chancellor, Dr. Omar Jah; Professor IUT, Prof. Dr. K.hondokar Habibul Kahir.

Adapun delegasi FTUI dipimpin Dekan FTUI, Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU., bersama Dr. Nyoman Suwartha, S.T., M.T., M.Agr., Manajer Pendidikan; Dr.-Ing. Ir. Dalhar Susanto, Manajer Kerja Sama dan Ventura; Prof. Dr. Ir. Winarto, M.Sc., Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik; dan Fadhilah Muslim, S.T., M.Sc., Ph.D., DIC., Sekretaris Unit Modirpen.*

Baca juga: Guru Besar FTUI kaji pirolisis untuk industri kimia berbasis biomassa

Baca juga: Guru Besar UI: Korosi timbulkan kerugian ekonomi dan kesehatan

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023