Kalau bantuannya hanya bantuan sosial, masyarakat akan ketergantungan. Maka masyarakat miskin ini harus didampingi agar mandiri secara ekonomi, salah satunya melalui UMKM
Sleman (ANTARA) - Wakil Bupati Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta Danang Maharsa menyebutkan upaya penanggulangan kemiskinan, salah satunya dapat dilakukan dengan memperbaiki mental dari masyarakat serta peran aktif dari pemerintah.

"Oleh sebab itu, masyarakat miskin perlu terus didampingi oleh para pihak terkait agar mampu mandiri secara ekonomi," kata Danang Maharsa saat menghadiri kegiatan Penguatan Tim Penanggulangan Kemiskinan Kapanewon (Kecamatan) Kalasan, Jumat.

Menurut dia, perhatian terhadap masyarakat miskin tidak hanya sebatas berupa bantuan materi saja. Namun juga pendampingan dan edukasi agar masyarakat miskin termotivasi untuk mandiri secara ekonomi.

Baca juga: Akademisi USK apresiasi keberhasilan Aceh turunkan penduduk miskin

"Kalau bantuannya hanya bantuan sosial, masyarakat akan ketergantungan. Maka masyarakat miskin ini harus didampingi agar mandiri secara ekonomi, salah satunya melalui UMKM," katanya.

Ia mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sleman memiliki sejumlah program penanggulangan kemiskinan, diantaranya yang ditangani oleh tim "Sepeda Mas" (Sekretariat Pemberdayaan Masyarakat) yang berkantor di Bappeda Sleman.

"Tim yang terdiri dari berbagai unsur, seperti akademisi, LSM, pemerintah, ini siap memberikan pendampingan yang dibutuhkan terhadap masyarakat miskin di Kabupaten Sleman," katanya.

Baca juga: Persentase penduduk miskin di Malut naik 6,46 persen 

Danang mengatakan, salah satu upaya menurunkan angka kemiskinan yakni dengan memberikan beasiswa pendidikan tinggi bagi masyarakat miskin.

"Ada sejumlah 161 anak dari keluarga miskin yang diberikan beasiswa oleh Pemerintah Kabupaten Sleman untuk melanjutkan pendidikan di Universitas Amikom Yogyakarta," katanya.

Ia mengatakan, mereka yang mendapatkan beasiswa pendidikan tinggi ini diharapkan setelah kuliah bisa mendapatkan keahlian dan mendapatkan pekerjaan, sehingga bisa keluar dari kemiskinan.

Baca juga: Jumlah penduduk miskin di Sumut terus menurun dalam 3 tahun terakhir
Baca juga: Jumlah penduduk miskin di NTB bertambah 

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023