... penangkaran in situ harimau sumatera yang ditangkap dari area konflik dengan manusia... "
Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Kementerian Kehutanan mengalokasikan dana sekitar Rp3 miliar untuk membangun penangkaran bagi harimau sumatera (Panthera tigris sumatrae) di Riau.

"Untuk tahap awal, penganggaran sudah ada di APBN tahun ini sekitar Rp3 miliar," kata Dirjen Perlindungan Hutan dan Konservasi Alam (PHKA) Kementerian Kehutanan, Darori, di Pekanbaru, Jumat.

Lokasi penangkaran awal harimau sumatera itu, katanya, di kawasan Senepis, Riau, salah satu habitat binatarang buas itu di Indonesia, dengan populasi di dalamnya diperkirakan sebanyak 25 harimau. "Luas area yang disiapkan mencapai sekitar 300 Hektare," katanya.

Lokasi itu, katanya, akan dikelola satu unit pelaksana teknis khusus di Kementerian Kehutanan. "Ini merupakan lokasi penangkaran in situ harimau sumatera yang ditangkap dari area konflik dengan manusia," kata dia. 

Berbagai kelengkapan disiapkan, di antaranya satu tim dokter hewan dengan klinik perawatan khusus dan tenaga-tenaga pendukung lain yang memiliki keahlian dan pengetahuan memadai. 

Menurut data, diperkirakan harimau sumatera di habitatnya di Indonesia paling banyak tinggal 400 saja.

(F012/N002)

Pewarta: FB Anggoro
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013