Kami akan revitalisasi Taman Cadika tahun ini, termasuk mempercantik dan memperluas tempat berkuda dan memanah...
Medan (ANTARA) -
Wali Kota Medan Bobby Nasution menyebut Taman Cadika seluas 254.293 meter persegi tempat perlombaan atlet panahan berkuda spesialis horseback archery direvitalisasi tahun 2023 ini.

"Kami akan revitalisasi Taman Cadika tahun ini, termasuk mempercantik dan memperluas tempat berkuda dan memanah untuk berlatih bagi para atletnya," kata Bobby Nasution, di Medan, Sumatera Utara (Sumut), Sabtu.

Dengan revitalisasi yang segera dilakukan tersebut, kata dia, maka diharapkan dapat melahirkan atlet-atlet profesional, terutama atlet berkuda dan memanah di Kota Medan.

Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Medan pada Maret lalu menyatakan revitalisasi Taman Cadika dengan bantuan dana tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) sekitar Rp25 miliar dan hingga kini sudah ada pihak swasta yang bersedia.

Hingga kini Dinas Perumahan Kawasan Permukiman Cipta Karya Tata Ruang Kota sedang membuat detail engineering design (DED) Taman Cadika yang merupakan salah satu aset Pemkot Medan.

"Selain cabang olahraga berkuda dan memanah, Taman Cadika ini juga bisa digunakan secara bergantian cabang olahraga lainnya untuk berlatih," kata Bobby saat membuka Horseback Archery Championship 2023 memperebutkan Piala Wali Kota Medan.

Wali Kota Medan itu, juga menyampaikan dukungan dan apresiasi kepada Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kota Medan yang berkolaborasi dengan Pordasi Sumut menggelar perlombaan ini.

Apalagi perlombaan atlet panahan berkuda digelar selama dua hari mulai 22-23 Juli 2023, dan merupakan perlombaan pertama kali digelar Pordasi Kota Medan dan Sumut.

Walau baru pertama kali, tetapi perlombaan ini diikuti seratusan peserta dari berbagai provinsi di Indonesia, bahkan ada peserta dari negeri jiran Malaysia.
 
"Alhamdulillah, kegiatan pertama kali digelar telah diikuti banyak atlet. Apalagi berkuda dan memanah merupakan olahraga disunahkan oleh Islam," ujar Bobby pula.

Ketua Pordasi Kota Medan Benny Iskandar menyebutkan Horseback Archery Championship 2023 Piala Wali Kota Medan ini merupakan rangkaian dari HUT ke-433 Kota Medan.

Pihaknya menjelaskan bahwa ada sebanyak 156 peserta yang mengikuti berbagai kategori dalam perlombaan atlet panahan berkuda spesialis horseback archery.

"Semoga perlombaan berkuda memanah ini, HUT Kota Medan semakin meriah sebagai hiburan bagi warga. Khususnya meningkatkan kualitas atlet-atlet berkuda," katanya lagi.
Baca juga: Taman Beringin simbol persahabatan Medan dan AS
Baca juga: Medan Zoo targetkan 25 ribu pengunjung selama 22-30 April

Pewarta: Muhammad Said
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023