Jakarta (ANTARA) - Film “Barbie” mengklaim posisi teratasnya dengan penjualan tiket sebesar 155 dollar juta AS dari 4.243 lokasi bioskop Amerika Utara selama pemutraran hingga akhir pekan ini, dilaporkan dari laman Billboard, Minggu (23/7) waktu setempat.

Film dari rumah produksi Warner Bros’ ini juga melampaui film The Super Mario Bros. Movie dan tercatat sebagai pembukaan terbesar tahun ini dan memecahkan rekor akhir pekan pertama untuk film yang disutradarai oleh seorang wanita.

Selain “Barbie”, film “Oppenheimer” yang di bintangi Cillian Murphy dari Universal juga melampaui ekspektasi, dengan meraup 80,5 juta dollar AS dari 3.610 bioskop di AS dan Kanada, menandai debut non-Batman terbesar Nolan dan salah satu awal terbaik untuk drama biografi berperingkat-R.

Baca juga: Vietnam larang "Barbie" karena peta Laut China Selatan versi China

Ini juga pertama kalinya satu film dibuka dengan pendapatan lebih dari 100 juta dollar dan film lain dibuka dengan lebih dari 80 juta dollar di akhir pekan yang sama. Kedua film fenomenal ini kemungkinan akan menjadi akhir pekan box office terbesar keempat sepanjang masa dengan lebih dari 300 juta dollar AS di seluruh industri.

Secara internasional, “Barbie” memperoleh 182 juta dollar AS dari 69 wilayah, menghasilkan akhir pekan global sebesar 337 juta dollar AS. Pada pemutaran yang hampir bersamaan, Oppenheimer menghasilkan 93,7 juta dollar AS dari 78 wilayah, berada di atas Barbie di India, dengan total global 174,2 juta dollar AS.

Fenomena yang belakangan disebut "Barbenheimer" ini mungkin dimulai sebagai persaingan yang baik antara dua lawan estetika, tetapi, seperti yang diharapkan banyak orang, kedua film tersebut pada akhirnya diuntungkan.

“Barbie” dan “Oppenheimer” mendapat skor bagus dengan kritik dengan masing-masing 90 persen dan 94 persen di Rotten Tomatoes , dan penonton yang memberi kedua film dengan score A di CinemaScore.

"'Barbenheimer' adalah dorongan nyata untuk kedua film, Ini adalah pencapaian puncak bagi kita semua," kata Jeff Goldstein, presiden distribusi domestik Warner Bros.'

“Film-film Nolan benar-benar peristiwa sinematik,” kata Jim Orr, presiden distribusi domestik Universal.

Baca juga: Belajar menjadi diri sendiri dari film "Barbie"

Baca juga: Margot Robbie kenakan gaun payet hitam dalam tur "Barbie" California

Baca juga: Perusahaan ritel meraup untung dari pesona film Barbie

Penerjemah: Fitra Ashari
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023