Jakarta (ANTARA) - Tencent memperkuat kerjasamanya dengan lembaga kartu internasional termasuk Visa, Discover Global Network (termasuk Diners Club), JCB, dan Mastercard, guna meningkatkan pengalaman pembayaran digital bagi pengguna luar negeri yang berada di China.

Tencent telah membuka jaringan merchant Weixin Pay di China secara bertahap bagi organisasi kartu internasional. Pada 2019, Weixin Pay mulai mendukung pengguna di luar negeri untuk menghubungkan kartu kredit internasional mereka agar dapat digunakan dalam berbagai layanan percobaan.

Jaringan pedagang yang diperluas mencakup berbagai kategori, seperti makanan, transportasi, belanja, akomodasi hotel, dan lainnya, menurut siaran pers yang diterima di Jakarta, Senin. Pengguna dapat menikmati berbagai metode pembayaran, seperti memindai kode QR, menampilkan kode pembayaran, Weixin Mini Programs, dan pembayaran dalam aplikasi, yang meningkatkan pengalaman pembayaran pengguna baik secara online maupun offline.

Setelah menghubungkannya dengan kartu internasional, pengguna di luar negeri akan dengan mudah mengakses lebih dari puluhan juta pedagang, termasuk pedagang kecil dan menengah.

Baca juga: Tencent Cloud EdgeOne hadirkan perlindungan dan kinerja terintegrasi

Biaya transaksi akan dibebaskan untuk transaksi tunggal kurang dari atau sama dengan Rp646 untuk memenuhi kebutuhan pembayaran dalam jumlah kecil dan frekuensi tinggi pengguna, sesuai dengan rincian yang ditentukan pada halaman pembayaran.

Sebelumnya, regulator China telah mendorong penyempurnaan solusi pembayaran non-tunai bagi para pengunjung guna meningkatkan pengalaman pembayaran mereka. Penyedia layanan pembayaran domestik juga didorong untuk bermitra dengan penyedia kartu luar negeri agar dapat menyediakan pembayaran non-tunai bagi para pengunjung luar negeri sesuai dengan peraturan dan regulasi yang berlaku.

Dengan adanya acara olahraga internasional yang akan datang seperti FISU World University Games di Chengdu dan Asian Games di Hangzhou, jumlah wisatawan luar negeri yang masuk akan terus meningkat.

Tencent berusaha untuk meningkatkan pengalaman pembayaran non-tunai dan menawarkan lebih banyak kenyamanan bagi pengguna di luar negeri, melalui inisiatif seperti mendukung kartu internasional di Weixin Pay dan menghubungkan dompet lokal di luar negeri dengan daratan China.

Baca juga: Layanan pembayaran digital PayerMax resmi hadir di Indonesia

Baca juga: Apple luncurkan Apple Pay di Korea Selatan

Baca juga: Mastercard luncurkan rencana global untuk mendaur ulang kartu kredit


Pewarta: Maria Rosari Dwi Putri
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023