Samarinda (ANTARA) - Wakil Gubernur Provinsi Kalimantan Timur Hadi Mulyadi melepas kontingen Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Kalimantan Timur untuk  mengikuti 25th World Scout Jamboree 2023 di Korea Selatan dan Raimuna Nasional di Bumi Bhaladika Cibubur Jakarta.

Wagub Hadi Mulyadi memberikan apresiasi kepada seluruh peserta Kontingen Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim yang mengikuti ajang Gerakan Pramuka nasional di Jakarta dan ajang internasional di Korea Selatan.

"Saya bangga dengan adik-adik Pramuka semua yang terpilih mewakili Kaltim di ajang Jambore internasional dan nasional," kata Hadi Mulyadi di GOR Kadrie Oening Sempaja Samarinda, Selasa.

Kebanggaan orang nomor dua Kaltim ini sangat beralasan, mengingat Pramuka menurut dia, salah satu organisasi pemuda yang benar-benar mampu membentuk karakter anak bangsa.

Baca juga: Bupati Bekasi lepas 69 Pramuka peserta Jambore Dunia-Regional

Baca juga: 16 pramuka Kwarda Maluku ikuti jambore dunia


Sebab kata Wagub, gerakan pramuka mengajarkan berbagai kemampuan, ketahanan mental dan fisik, keterampilan, termasuk seni, olahraga dan edukasi tentang alam, sosial, lingkungan dan akademis.

"Semua dipelajari, juga bagaimana terbentuk pribadi yang mandiri, adaptif, terampil, kreatif dan inovatif, serta mampu bertahan hidup dalam kondisi sulit," pujinya.

Pada kegiatan Jambore Dunia ke 25 di Korea Selatan dan Cibubur Jakarta, mantan legislator Karang Paci dan Senayan ini berpesan kepada kontingen Kaltim selain menjaga nama baik daerah dan bangsa Indonesia, juga mampu berkomunikasi dan memperkenalkan seni, budaya dan potensi wisata secara baik kepada peserta negara dan daerah lain.

"Saya minta kegiatan jambore Korea dan Cibubur, jadilah duta yang baik, tolong jaga nama baik kita, nama Kaltim, nama kita sebagai bangsa yang besar, saat adik-adik di Korea nanti," pesannya.

Sementara itu, PIt. Ketua Kwarda Gerakan Pramuka Kaltim HM Fachrudin Diaprie menjelaskan Raimuna Nasional (Rainas) pada 14 - 21 Agustus di Bumi Bhaladika Cibubur Jakarta diikuti 16.448 orang dari Pramuka Penegak dan Pandega.

"Kontingen Kaltim akan mengirimkan lebih dari 200 orang, berasal dari Kwarcab Samarinda, Penajam Paser Utara, Balikpapan, Kutai Timur, Bontang, Kutai Barat, Berau, Kutai Kartanegara dan Paser," sebutnya.

Sedangkan ajang internasional 25th World Scout Jamboree (Jambore Dunia ke-25) Tahun 2023 di Korea Selatan pada 1 - 12 Agustus diikuti pandu-pandu sedunia dari 83 negara.

"Kontingen Indonesia dikoordinir Kwarnas berjumlah 1.456 peserta, terdiri Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak berasal dari 18 kwarda dan kwarnas. Khusus Kaltim sebanyak 29 orang berasal dari Kwarcab Samarinda, Bontang, Kutai Kartanegara dan Kutai Timur," ucapnya.*

Baca juga: Menpora: Lebih 1.700 anggota Pramuka Indonesia akan ke Jambore Dunia

Baca juga: Pramuka Kudus kirimkan 7 anggota ikuti jambore dunia di Korea Selatan

Pewarta: Arumanto
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023