"Mendorong percepatan serapan APBDes dengan prioritas untuk pembangunan desa, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa,"
Jakarta (ANTARA) - Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Pemerintahan Desa (Pemdes) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Eko Prasetyanto Purnomo Putro mendorong pemerintah desa mempercepat serapan anggaran pendapatan dan belanja desa (APBDes).

"Mendorong percepatan serapan APBDes dengan prioritas untuk pembangunan desa, sehingga mampu meningkatkan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi masyarakat desa," kata Eko sebagaimana keterangan tertulis diterima di Jakarta, Rabu.

Selain itu, Eko berharap para anggota Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) meningkatkan penyelenggaraan pemerintahan desa yang responsif, ekstraktif, regulatif, distributif, kolaboratif, dan tidak melanggar peraturan.

"Diharapkan agar meningkatkan koordinasi dan soliditas yang baik antara kepala desa dengan perangkat desa dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat," imbuhnya.

Di sisi lain, dia turut meminta agar pemdes dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) bersinergi dalam percepatan pembangunan desa, yakni dengan mengutamakan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dan berinovasi memajukan desa melalui program yang dapat mengoptimalkan potensi, tantangan, dan peluang yang ada di desa dengan mendorong partisipasi masyarakat,” sambung Eko.

Dirjen Bina Pemdes mengatakan hal tersebut saat menghadiri Rapat Kerja Nasional (Rakernas) APDESI di Universitas Jambi, Muaro Jambi, Rabu. Eko berharap hubungan silaturahmi dapat diperkuat melalui rakernas tersebut.

"Dengan Rakernas APDESI ini mampu berkontribusi dalam pembangunan di desa," kata Eko.

Pewarta: Fath Putra Mulya
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023