Depok (ANTARA) - BEM Universitas Indonesia (UI) menjajaki potensi kolaborasi kerja sama dengan Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat sebagai komitmen sinergi dengan kota tersebut.

Koordinator Bidang Sosial Lingkungan BEM UI 2023, Kevin Wisnumurthi di Depok, Kamis, mengatakan BEM UI memiliki berbagai program pengabdian masyarakat, khususnya untuk Kota Depok.

"Sebagai insan intelektual yang menimba ilmu di Kota Depok, sudah seharusnya segenap sivitas akademika Universitas Indonesia berkontribusi terhadap kota ini," katanya.

Baca juga: BEM UI sosialisasi mitigasi bencana di Depok

Dalam hal ini, BEM UI sebagai bagian dari sivitas akademika UI punya kewajiban untuk turut serta membangun Kota Depok. Pada kepengurusan tahun ini, BEM UI memiliki berbagai program untuk menangani permasalahan di Kota Depok, utamanya permasalahan pendidikan, kesehatan, dan ekonomi.

Kevin menambahkan bahwa BEM UI akan meluncurkan dua program dalam waktu dekat yang menyasar kepada ketiga isu tersebut.

"Guna membantu peningkatan taraf pendidikan masyarakat Depok, BEM UI menghadirkan program Rumah Belajar. Program yang telah berjalan selama 18 tahun ini berupaya menghadirkan tambahan pendidikan kepada siswa SD seantero Depok," ucap Kevin.

Kevin menuturkan bahwa program ini juga mengakomodasi masyarakat yang ingin mengejar paket B dan C melalui bimbingan dan ujian penyetaraan. “Selain Rumah Belajar, BEM UI juga memiliki program Depok Kita yang berupaya untuk membekali masyarakat dengan pengetahuan kesehatan dan ekonomi yang mumpuni," ucapnya.

Fokus kesehatan yang diambil, di antaranya adalah stunting serta perilaku hidup bersih, sehat, sedangkan fokus ekonominya  mendorong kemandirian ekonomi masyarakat melalui ekonomi kreatif,” ujar Kevin.

Sementara itu, Sekda Kota Depok Supian Suri menyambut hangat program-program tersebut. Pada prinsipnya, Pemerintah Kota Depok terbuka dengan segala bentuk kolaborasi yang ingin diajukan oleh pihak manapun.

Supian menghargai berbagai elemen masyarakat yang ingin berkontribusi demi kebaikan Kota Depok. Dalam kaitannya dengan program BEM UI, Supian mengingatkan mengenai pentingnya keberlanjutan dari program yang akan diselenggarakan.

Baca juga: Evaluasi BEM UI soal kualitas udara dapat apresiasi dari DLH DKI

Baca juga: BEM UI soroti tata kelola sampah di Kota Depok


Pelibatan masyarakat setempat dalam program yang akan dilaksanakan merupakan sebuah keharusan agar masyarakat dapat melanjutkan gerakan yang diinisiasi setelah BEM UI menyelesaikan program tersebut.

Menyikapi sambutan hangat yang diberikan oleh Sekda Kota Depok, Kevin menyebutkan bahwa BEM UI menghargai respons tersebut.

"Tangan terbuka yang diberikan oleh Sekda Kota Depok kepada BEM UI merupakan satu hal yang patut untuk disyukuri. Harapannya, dengan ini BEM UI dan Pemerintah Kota Depok dapat bersinergi untuk menciptakan Kota Depok yang lebih baik bagi masyarakat," ucap Kevin.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023