Makassar (ANTARA) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menjamu para komisioner KPU se Indonesia setelah usai mengikuti Kirab Pemilu 2024 di Kota Makassar.

"Makassar selalu menjadi tolak ukur tensi demokrasi dalam ajang lima tahunan pesta politik," ujar Danny --sapaan akrab Ramdhan Pomanto-- itu di Makassar, Kamis.

Di hadapan para komisioner KPU se Indonesia itu menyampaikan komitmennya akan mengawal jalannya pesta demokrasi Pemilu 2024 di Kota Makassar.

"Mari kita kawal demokrasi untuk Indonesia yang lebih baik," katanya saat menjamu para komisioner KPU tersebut.

Dia mengatakan dalam pesta demokrasi, Kota Makassar memiliki catatan sejarah. Salah satunya menjadi kota pertama di Indonesia yang memenangkan kotak kosong pada Pilkada 2018.

Begitu juga dengan status kerawanan daerah saat akan melaksanakan pesta demokrasi. Makassar selalu mendapatkan perhatian dari penyelenggara pusat dan sering masuk dalam status zona merah.

"Tensi politik di Kota Makassar selalu tinggi dan ukurannya memang di Kota Makassar untuk Pilkada. Saya tahu persis Makassar selalu dapat status merah, tapi ujung-ujungnya selalu hijau terakhirnya," tuturnya.

Meski Kota Makassar berstatus daerah rawan setiap akan menggelar pIlkada, namun kekhawatiran banyak pihak sering tidak terbukti.

Ia pun mengaku jika kerja keras KPU bersama Bawaslu yang mengawal pesta demokrasi di Kota Makassar dengan tetap mengedepankan sikap independensi dan tidak berpihak itu mampu menyukseskan pilkada.

"Kota Makassar selalu siap, dan Makassar selalu menunjukkan kecerdasannya dalam proses demokrasi. Contohnya memilih saya sebagai wali kota adalah bukti kecerdasan masyarakat Kota Makassar," terangnya.

Danny Pomanto menyampaikan selamat datang di Kota Makassar kepada seluruh KPU se-Indonesia.

Ini merupakan agenda Kirab Pemilu 2024 yang juga dirangkaikan dengan Rakernas Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih Zona 2 KPU se-Indonesia.

"Terima kasih kepada semua pihak, KPU Sulsel, KPU Makassar, dan KPU Pusat karena memilih Makassar sebagai tempat berkumpul untuk membicarakan banyak hal dan mengkonsolidasikan diri untuk demokrasi yang lebih baik," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Makassar Farid Wajdi menyampaikan rangkaian kegiatan Kirab Pemilu 2024 berlangsung sejak 20 Juli 2023.

Pemkot Makassar di bawah kepemimpinan Wali Kota Moh Ramdhan Pomanto sejak awal selalu mendukung dan mengawal pesta demokrasi agar berjalan dengan damai di Kota Makassar.

"Jauh hari sebelum tiba (peserta Kirab Pemilu 2024) kami sudah berkoordinasi dengan pemkot. Kejutannya, tidak ada pertanyaan tapi pak wali kota saat kita berkoordinasi selalu menyampaikan apa yang bisa saya lakukan," ujar Farid Wajdi.

Bahkan, lokasi Anjungan City Of Makassar menjadi tempat berkumpulnya seluruh masyarakat Makassar untuk menyaksikan kemeriahan Kirab Pemilu 2024.

Menurutnya, Kirab Pemilu 2024 merupakan momentum yang tepat untuk menciptakan pemilu yang menyenangkan.

Farid Wajdi bahkan menegaskan jika Kota Makassar sudah siap menyambut Pemilu 2024 mendatang.

"Kami ini memberi pesan kepada warga kota bahwa Insya Allah 2024 kita siap melaksanakan pemilu dengan bergembira dan menyenangkan," ucapnya.
 

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: Edy M Yakub
Copyright © ANTARA 2023