BI telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung terwujudnya ekonomi yang berkelanjutan
Jakarta (ANTARA) - Para gubernur bank sentral yang tergabung dalam Executives Meeting of East Asia Pacific Central Banks (EMEAP) membahas peran strategis bank sentral dalam upaya mewujudkan keuangan yang berkelanjutan (sustainable finance).

Dalam keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Jumat, anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia Filianingsih Hendarta menjelaskan bahwa BI telah melakukan berbagai upaya untuk mendukung terwujudnya ekonomi yang berkelanjutan.

Salah satunya adalah dengan mendorong pelaku usaha dan industri untuk bertransisi menuju keuangan hijau. Upaya tersebut dilakukan baik secara langsung oleh BI maupun bersinergi dengan kementerian/lembaga (K/L) terkait.

Hal tersebut ia sampaikan dalam pertemuan tahunan 28th EMEAP Governors Meeting yang diselenggarakan pada 24 Juli 2023 di Yokohama, Jepang.

Pertemuan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati 20 tahun penerbitan Asian Bond Fund (ABF) yang merupakan inisiatif bersama anggota EMEAP.

Baca juga: Gubernur Bank Sentral EMEAP tegaskan pentingnya dialog kebijakan

Baca juga: Bank Indonesia sebut negara EMEAP telah kurangi eksposur pada LIBOR


Dalam pertemuan tersebut, para gubernur berbagi pandangan mereka tentang kondisi ekonomi dan keuangan yang terjadi belakangan, termasuk mengenai keuangan berkelanjutan, yang sangat penting untuk kelancaran transisi menuju masa depan rendah karbon di kawasan.

Diskusi berfokus pada eksplorasi peran bank sentral dalam mendukung upaya sektor swasta dan pengembangan pasar pada keuangan berkelanjutan serta area yang memungkinkan untuk kerja sama di antara bank-bank sentral anggota EMEAP.

Para gubernur bank sentral juga membahas tentang keberlanjutan pemulihan ekonomi domestik yang sedang berlangsung di tengah-tengah tantangan pengetatan keuangan global dan melemahnya permintaan eksternal.

Di samping itu, para gubernur bank sentral juga meninjau dan bertukar pandangan mengenai outlook perkembangan local currency bond markets.

Para gubernur memandang pentingnya upaya otoritas meningkatkan ketersediaan instrumen dan memperluas akses pasar dalam rangka mendukung local currency bond markets.

Baca juga: BI perkuat strategi komunikasi bersama Gubernur Bank Sentral EMEAP

Baca juga: BI gelar Ejavec 2023 dorong ketangguhan ekonomi Jatim


Pewarta: Imamatul Silfia
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2023