Ambon (ANTARA) - Komando Daerah Militer (Kodam) XVI Pattimura dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maluku Tengah (Malteng) berkomitmen menjalin sinergi untuk menjaga keamanan Negeri (Desa) Wakal dan Hitu pascakonflik antarwarga.

"Dua hari yang lalu Ketua Latupatti Jazirah Lehitu (Raja Hitu Mesing) H. Ali Salamat telah menyampaikan tentang situasi pascakonflik antara Desa Wakal dan Desa hitu, yang katanya situasi saat ini sudah aman dengan sendirinya," ujar Pangdam XVI Pattimura Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa dalam keterangan diterima di Ambon, Jumat.

Pangdam dalam audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah menegaskan bahwa apabila ada potensi permasalahan yang menyebabkan konflik antara Desa Hitu dan Desa Wakal maka akan segera ditangani dan ditindaklanjuti.

“Saya, dalam hal ini Kodam XVI/Pattimura siap membantu kapanpun jika diperlukan demi menciptakan kondusifitas wilayah Maluku," tegasnya.

Terkait hal tersebut Pj Bupati Malteng Muhammat Marasabessy mendukung penuh langkah Pangdam XVI/Pattimura tentang penanganan konflik permasalahan yang terjadi di wilayah Maluku khususnya di Desa Wakal dan Desa Hitu.

“Harapannya dengan pertemuan ini Pangdam bisa mendukung dan membantu untuk menyelesaikan permasalahan antara kedua desa tersebut, demi terciptanya kondusifitas keamanan dan kenyamanan masyarakat,” ujarnya.

Sebelumnya Penjabat Bupati Maluku Tengah Muhamat Marasabessy telah melakukan mediasi kelompok warga Negeri Hitulama, Hitumesing dengan Negeri Wakal, Kecamatan Leihitu (Pulau Ambon) yang terlibat bentrok dalam beberapa bulan belakangan.

Menurut dia, kebersamaan tersebut bertujuan untuk berdialog serta merumuskan konsep ideal mewujudkan perdamaian dengan mengakomodir semua harapan dan keinginan anak-anak negeri ini.

"Atas nama pemerintah Kabupaten Maluku Tengah ini kami telah menyampaikan beberapa hal kepada para Upu latu, tokoh adat, tokoh agama, dan tokoh pemuda," ujarnya.

Dalam audiensi ini turut dihadiri sejumlah pejabat diantaranya, Dirreskrimum Polda Maluku Kombes Pol Andri Iskandar, Dandim 1504/Ambon Letkol Arh Tengku S. Sonatha, Kapolresta P.Ambon dan P.P. Lease Kombes Pol Driyano A. Ibrahim, Kasi Intel Kasrem 151/Binaiya Letkol Inf Syarifuddin Pabandya Pam Sinteldam XVI/Pattimura Letkol Inf Bayu Arisstandi, Dandeninteldam XVI/Pattimura Mayor Inf Roni Faturohman.
Baca juga: Anggota DPR-RI bantu korban konflik di Haruku
Baca juga: Jenazah Briptu Faisal Helut dimakamkan di Taman Makam Bahagia Ambon

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023