Chengdu (ANTARA) - Medali emas pertama Pesta Olahraga Universitas Sedunia (Universiade) Musim Panas FISU ke-31 akan diperebutkan di cabang olahraga (cabor) Wushu nomor Nanquan putra pada Sabtu (29/7), dengan atlet China Cao Maoyuan berambisi meraih penghargaan terbaik itu.

"Menjelang Universiade, saya sedang menyesuaikan kondisi fisik, dan semoga saya bisa melakukan yang terbaik serta menikmati kompetisi ini," kata Cao.

Kompetisi Wushu di ajang Universiade Chengdu mempertandingkan nomor Nanquan, Changquan, Taijiquan, Gunshu, Daoshu, Taijijian, Jianshu, Qiangshu, Nandao, dan Sanda.

"Saat para atlet mulai menunjukkan Taolu, mereka membuat musuh imajiner dalam pikiran mereka, serta menunjukkan konotasi serangan dan pertahanan dengan beragam gerakan dan pukulan," tutur Yu Bo, pelatih Cao, seraya menambahkan bahwa para juri akan memberi nilai berdasarkan gerakan, koreografi, dan tingkat kesulitan.

Sebagai olahraga tradisional yang memiliki sejarah panjang di China, Wushu sangat populer di kalangan masyarakat China dan telah mendapatkan reputasi global.

Universiade Chengdu akan dibuka pada Jumat (28/7) malam waktu setempat dan berlangsung hingga 8 Agustus. Sebanyak 6.500 atlet dari 113 negara dan kawasan akan berkompetisi dalam 269 pertandingan di 18 cabor. 

 

Pewarta: Xinhua
Editor: Maria Rosari Dwi Putri
Copyright © ANTARA 2023