Jakarta (ANTARA) - Sirkuit Jerez–Angel Nieto di Spanyol akan menjadi tuan rumah untuk putaran final World Superbike (WSBK) musim 2023 pada 27-29 Oktober.

Dikutip dari keterangan resmi, Rabu, Jerez akan menggantikan Argentina yang sebelumnya ditunjuk sebagai tuan rumah untuk putaran terakhir musim ini.

“Kami senang membawa kejuaraan WSBK kembali ke akarnya di Sirkuit Jerez yang legendaris untuk putaran final musim 2023,” kata Direktur Eksekutif WSBK Gregorio Lavilla.

“Jerez merupakan tempat khusus dalam sejarah olahraga kami, dan sudah sepantasnya kami akhiri musim yang luar biasa ini di tempat dengan warisan yang begitu kaya. Kami berharap dapat menyaksikan kompetisi yang sengit dan merayakan warisan olahraga ini dengan para penggemar yang bersemangat di Andalusia, Spanyol,” ujarnya menambahkan.

Kehadiran Spanyol di kalender WSBK dimulai di Sirkuit Jerez pada 1990 sebagai putaran pembuka musim tersebut.

Baca juga: Rea ingin lanjutkan performa terbaiknya di Ceko pada WSBK Prancis

Kejuaraan WSBK kembali ke sirkuit ikonis itu pada beberapa kesempatan, mulai dari pertengahan 2010-an hingga 2021. Spanyol pun telah menjadi tuan rumah untuk 21 penyelenggaraan WSBK dengan balapan terbaru diadakan pada September 2021.

“Kemitraan kami dengan FIM Superbike World Championship berlangsung lama dan langgeng. Kami senang dapat mengumumkan acara final ini, yang tentunya akan menarik banyak penggemar balap ke Circuito de Jerez,” kata Menteri Pariwisata, Kebudayaan dan Olahraga Junta Andalusia Arturo Bernal.

“Ini merupakan peluang besar bagi Jerez dan bagi sirkuit untuk melihat kembalinya WorldSBK. Jerez sekali lagi memposisikan dirinya sebagai referensi dunia motor, sebagai sirkuit simbolis bagi pengendara, tim, dan penggemar,” imbuh Walikota Jerez de la Frontera María José García Pelayo.

Dengan info terbaru ini, musim WSBK dan World Supersport (WSSP) akan mengakhiri kampanye masing-masing di Jerez pada akhir Oktober. Sementara, WorldSSP300 akan selesai sesuai rencana di Portimao, Portugal, dari 29 September hingga 1 Oktober.

Baca juga: Bautista kembali pecahkan rekor kemenangan di WSBK Ceko
Baca juga: Aldi Satya Mahendra raih gelar WorldSSP300 perdananya di Ceko


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023