Kegiatan penandatanganan MOU dan MOA diikuti oleh 14 fakultas kedokteran yang termasuk dalam AIPKI Wilayah VI, termasuk Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas)
Makassar (ANTARA) - Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) Wilayah VI dengan Pihak Management & Science University (MSU) Malaysia, menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MOU) dan perjanjian kerja sama (memorandum of agreement/MOA) bidang pendidikan kedokteran.

Kegiatan penandatanganan MOU dan MOA diikuti oleh 14 fakultas kedokteran yang termasuk dalam AIPKI Wilayah VI, termasuk Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin (Unhas).

Wakil Rektor bidang Bidang Kemitraan, Inovasi, Kewirausahaan, dan Bisnis Unhas, Prof Dr Eng Adi Maulana, ST MPhil dalam keterangannya di Makassar, Kamis, mengatakan ini merupakan tindak lanjut dari kerja sama yang telah dilakukan AIPKI Wilayah VI bersama MSU Malaysia yang sebelumnya diawali dengan kegiatan benchmarking.

Baca juga: UI Papua-UKI Jakarta kerja sama dukung Kampus Merdeka

Prof Adi Maulana menyampaikan harapannya bahwa internasionalisasi menjadi kata kunci yang kian penting di masa global.

Sebagai bangsa yang serumpun, kata dia, Indonesia dan Malaysia perlu bekerja sama dan bersinergi untuk mencapai kesuksesan bersama.

Kerja sama yang erat antara kedua negara terlihat dalam banyaknya penelitian bersama, penyediaan dana, dan bidang-bidang yang saling relevan sehingga hubungan antara universitas di Indonesia dan Malaysia semakin terjalin erat. Dalam kesempatan ini juga menyampaikan pesan dari Rektor Unhas bahwa universitas siap menjadi mitra bagi MSU dan bersama-sama tumbuh secara sinergis dan berkelanjutan di masa depan.

Baca juga: Unand-PT KIJ kerja sama buat tinta dari tanaman gambir untuk pemilu

“Penandatanganan MOU dan MOA ini menjadi langkah maju dalam mengembangkan kerjasama dan pertukaran ilmu antara AIPKI Wilayah VI dan MSU Malaysia, yang diharapkan akan membawa manfaat besar bagi kedua belah pihak serta dunia pendidikan kedokteran secara keseluruhan.” Jelas Prof Adi

Sementara itu, President MSU Prof Tan Sri Dato Wira Dr Mohd Shukri Ab Yajid, menyatakan hubungan antara kedua negara sangat penting dan mengajak untuk bekerjasama dalam kerangka riset dan kolaborasi pada bidang Medical Education Research dan lebih jauh lagi untuk mencapai fungsi yang lebih baik secara global.

Penandatanganan MOU dan MOA ini juga diterima Dekan FK-UH Prof Dr dr Haerani Rasyid, SpPD-KGH, SpGK, FINASIM yang juga menjabat sebagai Ketua AIPKI Wilayah VI. Turut hadir pula Wakil Dekan Bidang III FK-UH sekaligus Sekretaris AIPKI Wilayah VI, Dr dr Andi Alfian Zainuddin, MKM.

Baca juga: BPIP dan Universitas Pancasila Komitmen Gaungkan; "Pancasila dari Indonesia untuk Dunia
 

Pewarta: Abdul Kadir
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023