Ini sudah sekitar 67 persen dari target laba kami untuk tahun 2023, yakni Rp26,3 miliar.
Medan (ANTARA) - PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Medan mencatatkan laba sebesar Rp17,73 miliar pada semester pertama 2023, lebih dari 60 persen dari target tahunan mereka.

"Ini sudah sekitar 67 persen dari target laba kami untuk tahun 2023, yakni Rp26,3 miliar," kata Kepala Cabang PT Pelni Medan Biwa Abi Laksana, di Medan, Sumatera Utara, Kamis.

Biwa melanjutkan, nilai laba tersebut juga lebih baik daripada yang mereka tetapkan sebelumnya untuk semester satu 2023, yaitu Rp16,7 miliar.

Menurut dia, keuntungan Pelni Medan pada semester I tahun 2023 datang dari beragam sumber mulai dari tiket penumpang KM Kelud, biaya tambang muatan, hingga kegiatan komersial.

Aktivitas komersial itu, misalnya memberikan kesempatan bagi kelompok masyarakat untuk beraktivitas di atas kapal baik itu sekadar berjalan-jalan (tour on board), rapat (meeting on board) maupun belajar (study on board).

Biwa mengakui pihaknya sengaja menggenjot pemasukan pada enam bulan pertama 2023, karena di sana ada tiga momen "peak season" atau masa puncak penumpang, yakni Tahun Baru, Hari Raya Idul Fitri serta libur sekolah.

"Momennya memang di semester satu, jadi kami jorjoran," kata dia.

Melihat positifnya geliat laba pada semester satu, Pelni Medan optimistis dapat menunaikan target laba mereka pada tahun 2023.

Namun, pada periode tersebut, Pelni Medan akan memperkuat lini komersialnya karena cuma ada satu "peak season" di enam bulan kedua tahun 2023.

"Kami harus menguatkan sektor komersial karena bulan Agustus sampai Oktober itu, kan, 'low season'. Belum lagi KM Kelud akan 'docking' sekitar dua minggu pada September 2023. Nanti mulai meningkat pada November dan puncaknya Desember, karena di sana ada Hari Natal. Dengan demikian, strategi kami adalah dengan meningkatkan lini komersial di atas kapal," ujar Biwa.

Pelni Medan terus berupaya menawarkan kerja sama bisnis dengan berbagai pihak seperti instansi dan sekolah.

PT Pelni (Persero) mempunyai lini bisnis komersial, salah satunya bergerak dalam bidang hiburan yang disebut "Pelni Lifestyle". Mereka dapat melayani kegiatan rapat (meeting), aktivitas perusahaan (incentive), konvensi (convention) dan pameran (exhibition/event) sesuai rute perjalanan yang terjadwal.

Adapun secara nasional, PT Pelayaran Nasional Indonesia (Persero) atau Pelni meraih laba bersih sebesar Rp113,32 miliar pada semester I 2023 atau 106 persen dari target semester I 2023. Nilai itu juga mencapai 60 persen dari target tahun 2023.
Baca juga: Pelni Medan sebut penyesuaian tarif KM Kelud tak surutkan permintaan
Baca juga: PT Pelni berharap punya kapal baru pada tahun 2026

Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023