Jakarta (ANTARA) - LG Electronics Inc. mengumumkan bahwa mereka akan bekerja sama dengan perusahaan investasi Amerika Clearbrook LLC untuk mengumpulkan dana lebih dari 100 juta dolar AS (Rp1,5 triliun) guna berinvestasi di industri startup masa depan, termasuk kesehatan digital, energi terbarukan, dan kecerdasan buatan.

Perusahaan teknologi Korea Selatan ini menyatakan bahwa Pusat Inovasi Amerika Utara (LG NOVA) bertujuan untuk menyelesaikan penggalangan dana untuk NOVA Prime Fund pada akhir tahun depan, seperti diberitakan kantor berita Yonhap, Kamis (3/8).

Clearbrook adalah perusahaan manajemen investasi dan konsultasi berbasis di New York, yang didirikan pada tahun 2004, dengan lebih dari 10 miliar dolar AS aset di bawah pengawasan dan manajemen.

Baca juga: LG ungkap visi menjadi penyedia solusi kehidupan pintar

Tujuan dari dana ini adalah untuk berinvestasi di "perusahaan-perusahaan yang memajukan inovasi untuk membangun masa depan yang lebih baik, dengan memanfaatkan perusahaan-perusahaan yang berpartisipasi dalam Program Mission for the Future yang disponsori oleh LG NOVA".

Pendanaan yang direncanakan berjumlah lima kali lipat dari nilai yang awalnya dijanjikan LG NOVA untuk berinvestasi di perusahaan tersebut ketika didirikan untuk menginkubasi startup inovatif di Silicon Valley pada musim gugur 2021.

"Investasi strategis yang telah kami lakukan dengan LG NOVA dan Program Mission for the Future telah membawa kami untuk mengambil langkah berikutnya dengan bekerja sama dengan Clearbrook dan pihak lainnya untuk mendukung pertumbuhan pesat solusi teknologi baru di bidang kesehatan digital, keberlanjutan, dan platform solusi masa depan yang bermanfaat bagi masyarakat," ujar CEO LG Electronics Cho Joo-wan.

Bulan lalu, LG mengumumkan rencana jangka panjang sebagai penyedia solusi kehidupan total, dengan berfokus pada produk non-perangkat keras, solusi bisnis ke bisnis, dan area pertumbuhan baru. Dalam visi baru ini, perusahaan bertujuan untuk meningkatkan pendapatan tahunan menjadi 100 triliun won pada tahun 2030, dari sekitar 65 triliun won tahun lalu.

Saat itu, Cho mengatakan LG NOVA, yang dipimpin oleh Rhee Sok-woo, wakil presiden senior perusahaan untuk inovasi di LG Electronics, akan berada di garis depan investasi strategis perusahaan, khususnya di bidang perawatan kesehatan digital. 

Baca juga: Kemenperin sambut investasi R&D industri elektronik asal Korsel

Baca juga: Modal ventura lebih tertarik pada startup dengan fundamental kuat

Baca juga: Telkomsel kembangkan ekosistem digital dengan pendanaan ke startup

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023