Jakarta (ANTARA) - LG Electronics Inc. dan startup komputasi AI Kanada, Tenstorrent, mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja sama untuk mengembangkan chip generasi berikutnya yang berpotensi digunakan untuk menggerakkan perangkat konsumen pintar dan produk otomotif perusahaan teknologi Korea Selatan tersebut.

Tenstorrent, yang didirikan pada tahun 2016, membangun komputer untuk kecerdasan buatan (AI). CEO Jim Keller adalah seorang insinyur pemroses mikro, yang terkenal karena karyanya di AMD dan Apple.

Kolaborasi itu diharapkan dapat meningkatkan "fitur yang ditingkatkan oleh AI dan komputasi berkinerja tinggi pada TV premium, chip otomotif berkinerja tinggi, dan produk pintar lainnya dari LG," kata perusahaan teknologi yang berbasis di Toronto tersebut dalam sebuah siaran pers, seperti disiarkan Yonhap, Rabu.

"Kolaborasi ini hanya permulaan. Teknologi CPU AI dan RISC-V terdepan dari Tenstorrent akan memperkuat daya saing SoC produk masa depan LG, sementara teknologi video codec kami yang telah terbukti akan membantu Tenstorrent menguasai pasar prosesor berkinerja tinggi di pusat data," kata CTO LG Byoung-hoon Kim.

Kim menambahkan chip akan diuji melalui kolaborasi ini untuk melihat apakah mereka dapat menjadi platform teknologi kerjasama. Tenstorrent dan LG akan berbagi rencana pengembangan teknologi dan terus memperluas ruang lingkup kolaborasi dalam kerja sama tersebut.

LG telah meningkatkan upaya untuk mendiversifikasi portofolio bisnisnya dalam beberapa tahun terakhir, antara lain dengan agresif memasuki bisnis komponen kendaraan listrik, robotika, dan layanan pengisian kendaraan listrik. 

Baca juga: Laba operasi LG Electronics kuartal IV merosot lebih dari 90 persen

Baca juga: Microsoft kembangkan chip AI buatan sendiri

Baca juga: Nvidia tingkatkan "chip video game" dengan teknologi AI

Penerjemah: Fathur Rochman
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023