identifikasi risiko potensial dan mengembangkan langkah-langkah pencegahan yang efektif
Jakarta (ANTARA) - Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) dan PT MRT Jakarta mengkaji teknis panduan keselamatan kebakaran di lingkungan transportasi publik demi keamanan bersama.

“Kolaborasi ini merupakan contoh nyata bagaimana FTUI dapat berkontribusi langsung dalam meningkatkan keselamatan masyarakat," kata Dekan FTUI Heri Hermansyah di Jakarta, Jumat.

Heri menuturkan kesempatan ini merupakan peluang berharga bagi FTUI untuk menerapkan pengetahuan akademik dan penelitian yang berdampak langsung dirasakan oleh masyarakat.

Sehingga dengan adanya kolaborasi antara FTUI dengan mitra-mitra industri ini diharapkan menghasilkan banyak penelitian yang unggul dan memiliki dampak positif bagi masyarakat Indonesia.

"Selanjutnya, kami akan mengumpulkan data dan studi literatur terkait kajian tersebut untuk menjadi studi akademik pedoman keselamatan kebakaran dan melakukan penyusunan kerangka pedoman keselamatan," jelasnya.

Harapan Heri, adanya kerja sama ini dapat menjadi model bagi kolaborasi antara perguruan tinggi dan industri dalam upaya meningkatkan keselamatan dan kualitas layanan publik.

Sementara itu, Direktur PT MRT Jakarta Weni Maulina menyampaikan kerja sama ini merupakan langkah proaktif dan strategis dalam memastikan keselamatan para pengguna layanan MRT Jakarta.

"Data dan studi literatur yang dikumpulkan akan menjadi dasar penting dalam mengidentifikasi risiko potensial dan mengembangkan langkah-langkah pencegahan yang efektif,” kata Weni.

Weni menilai penyusunan kerangka pedoman keselamatan kebakaran oleh FTUI bisa menjadi landasan penting bagi PT MRT Jakarta dalam mengimplementasikan langkah-langkah pencegahan, deteksi, dan penanggulangan kebakaran yang efektif.

Pedoman ini akan membantu menciptakan lingkungan yang aman bagi penumpang dan staf MRT Jakarta serta meningkatkan respons dan evakuasi dalam situasi darurat.

Kolaborasi FTUI dan PT MRT Jakarta diharapkan dapat mencapai tujuan bersama untuk menciptakan sistem transportasi yang aman, efisien, dan ramah lingkungan bagi warga Jakarta.

Untuk itu, masih dalam kaitan dengan Dies Natalis ke-59 FTUI, telah ditandatangani perjanjian kerja sama di bidang pendidikan dan penelitian dengan PT Mass Rapid Transit (MRT) Jakarta (Perseroda).

Perjanjian ini meliputi pembuatan kajian teknis panduan keselamatan kebakaran di lingkungan MRT Jakarta.

Baca juga: UI jaga kearifan arsitektur tradisional via Indonesia Vernadoc Bekasi

Baca juga: FTUI dalami kompleksitas manufaktur untuk kurangi tenaga manusia

Baca juga: FTUI dan PLN ciptakan SDM berkualitas di industri kelistrikan

Pewarta: Luthfia Miranda Putri
Editor: Alviansyah Pasaribu
Copyright © ANTARA 2023