Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita yang disiarkan ANTARA pada laman Humaniora dan Wartabumi, Jumat (4/8), menarik perhatian pembaca, mulai dari aktivitas pendakian Gunung Gede Pangrango ditutup, riset Nusantara Institut, gempa Bangkalan, hingga kebakaran lahan.

Berikut rangkuman lima berita kemarin yang masih menarik untuk disimak hari ini:

1. TNGGP tutup sementara aktivitas pendakian ke Gunung Gede Pangrango

Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango (TNGGP) mengumumkan penutupan sementara aktivitas pendakian ke Gunung Gede Pangrango yang berada di antara Kabupaten Cianjur dan Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat.

Selengkapnya baca di sini

2. Otorita IKN dan PTN bangun lembaga riset Nusantara Institut

​​​​​​Sejumlah perguruan tinggi bersepakat saling bekerja sama di dalam konsorsium untuk membangun Ibu Kota Nusantara (IKN) berdasarkan hasil-hasil penelitian dan ilmu pengetahuan (riset dan sains).

Selengkapnya baca di sini

3. Gempa berkekuatan M5,5 guncang Bangkalan Jawa Timur

Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,5 mengguncang wilayah timur laut Bangkalan, Jawa Timur, pukul 07.31 WIB, Jumat.

Selengkapnya baca di sini

4. Ancaman tsunami, Pemkab Kulon Progo ajukan tambahan alat EWS ke BNPB

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), mengajukan penambahan alat sistem peringatan dini (Early Warning System/EWS) potensi ancaman tsunami di wilayah itu kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Selengkapnya bisa dibaca di sini

5. Kebakaran lahan Kotawaringin Timur meluas, perlu pemadaman via udara

Kebakaran lahan terjadi di Desa Palangan, Kecamatan Kota Besi, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah (Kalteng), dan memerlukan pemadaman melalui udara agar efektif sehingga tidak terus meluas.

Selengkapnya bisa di baca di sini

Pewarta: Andi Firdaus
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023