Jakarta (ANTARA) - Terdapat sejumlah berita humaniora yang menarik pada Jumat (3/11) dan bisa dibaca kembali pada Sabtu ini mulai dari tiga rumah sakit unggulan disiapkan di IKN hingga Menkes perluas peran bidan hingga level desa tekan angka kematian ibu.

Berikut ini adalah rangkuman berita humaniora kemarin:

1. Tiga rumah sakit unggulan disiapkan di IKN

Kementerian Kesehatan menyampaikan bahwa tiga rumah sakit unggulan bertaraf internasional disiapkan untuk mendukung penyelenggaraan pelayanan kesehatan paripurna bagi warga di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur.

2. Menko PMK: Harmoniskan pembangunan fisik-kebudayaan di Kota Nusantara

Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyarankan agar pembangunan fisik dengan kebudayaan di Kota Nusantara, Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara tetap harmonis.

3. BMKG ungkap masih banyak titik sesar gempa belum terpetakan

Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengungkapkan masih banyak titik sesar gempa yang belum terpetakan di Indonesia.

4. Kemenag kucurkan bantuan penelitian untuk dosen PTK Kristen

Kementerian Agama RI mengucurkan bantuan penelitian sebesar Rp1,3 miliar bagi 36 dosen di perguruan tinggi keagamaan (PTK) Kristen, sebagai bentuk afirmasi terhadap pendidikan keagamaan.

5. Menkes perluas peran bidan hingga level desa tekan angka kematian ibu

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin ​​​​pada Kongres ke-17 Ikatan Bidan Indonesia (IBI) menyatakan bahwa Kemenkes akan memperluas peran bidan hingga level desa untuk menekan angka kematian ibu dan bayi.

Pewarta: Sean Muhamad
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023