Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita humaniora menarik dari hari Jumat masih dapat dinikmati hari ini, seperti Tol Jakarta-Cikampek yang dipadati bus pemudik pada H-5 Lebaran.

Berita-berita lain juga dapat dibaca, yaitu jamaah Masjid Aolia Gunungkidul yang menggelar shalat Id lebih awal, imbauan KLHK kepada pemerintah daerah untuk membentuk satuan tugas penanganan sampah untuk periode mudik, Moeldoko meminta pemudik manfaatkan kanal informasi dari pemerintah, dan Menteri PPPA mengimbau pengelola layanan publik untuk menyiapkan fasilitas yang ramah kelompok rentan.

1. H-5 Lebaran, bus pemudik mulai dominasi Tol Jakarta - Cikampek

Bus antarkota antarprovinsi (AKAP) pemudik mulai mendominasi arus lalu lintas di Jalan Tol Trans Jawa via Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama (Cikatama), Karawang, Jawa Barat, Jumat dini hari atau H-5 Idul Fitri 2024.

Berdasarkan data volume lalu lintas yang dihimpun petugas Jasa Marga Trans Jawa Tol, jumlah kendaraan yang meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Trans Jawa via GT Cikatama telah mencapai 48.041 unit sampai dengan Jumat pukul 03.16 WIB.

2. KLHK imbau pemda bentuk satgas tangani sampah selama periode mudik

Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) mengimbau pemerintah daerah untuk menyiapkan satuan tugas (satgas) yang secara khusus mengurusi peningkatan timbulan sampah selama masa arus mudik dan balik Lebaran 2024 dan melaporkan hasilnya kepada KLHK.

Dirjen Pengelolaan Sampah, Limbah dan B3 (PSLB3) Rosa Vivien Ratnawati mengatakan di Jakarta, Jum'at, KLHK sudah mengantisipasi kemungkinan penambahan volume sampah dalam periode arus balik dan mudik dengan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Nomor 5 Tahun 2024 tentang Pengendalian Sampah Hari Raya Idul Fitri 145 Hijriah.

3. Moeldoko minta pemudik manfaatkan kanal informasi dari pemerintah

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berpesan kepada pemudik untuk memanfaatkan sejumlah kanal informasi resmi pemerintah seputar risiko bencana hingga kepadatan lalu lintas selama fase mudik 2024.

"Saya ingatkan agar berhati-hati, utamakan keselamatan, pantau terus informasi kepadatan lalu lintas, dan titik rawan bencana melalui kanal informasi yang telah disediakan oleh pemerintah," kata Moeldoko melalui keterangan virtual di Jakarta, Jumat.

4. Pengelola layanan publik agar siapkan fasilitas ramah kelompok rentan

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Bintang Puspayoga mengimbau pengelola layanan publik agar menyiapkan fasilitas mudik yang ramah terhadap pemudik kelompok rentan seperti perempuan, anak, lanjut usia, serta penyandang disabilitas.

Saat meninjau kesiapan sarana dan prasarana di Command Center KM 29 serta KM 57 di ruas Tol Cikampek, Jawa Barat, dia juga menyarankan kepada pengelola jalan tol PT Jasa Marga agar menyediakan posko aduan kekerasan terhadap perempuan dan anak, serta layanan aduan kecelakaan untuk mempermudah masyarakat jika ingin melaporkan permasalahan yang dialami selama melakukan perjalanan mudik.

5. Jamaah Masjid Aolia Gunungkidul gelar shalat Id lebih awal

Ratusan Jamaah Masjid Aolia di Dusun Panggang III, Giriharjo, Kecamatan Panggang, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta menggelar shalat Idul Fitri 1445 Hijriah, Jumat, atau lebih awal dibanding mayoritas umat Islam pada umumnya di Indonesia.

Selain merayakan Idul Fitri lebih awal, mereka juga memulai puasa Ramadhan sejak 7 Maret 2024 berdasar keyakinan spiritual Imam Jamaah Masjid Aolia KH Raden Ibnu Hajar Sholeh Pranolo atau acap disapa Mbah Benu.

Dukuh Panggang III Agung mengatakan jamaah Masjid Aolia sudah ada sejak lama dan hidup berdampingan dengan masyarakat lainnya di dusun setempat. Perbedaan awal Ramadhan dan 1 Syawal antara jamaah Masjid Aolia dengan masyarakat lainnya sudah biasa dan hingga saat ini tidak pernah menimbulkan perpecahan.

Baca juga: Puncak arus mudik di Terminal Bus Tanjung Priok diprediksi Sabtu
Baca juga: HIN sediakan bus gratis ke Yogyakarta dalam "Mudik Asyik Bersama BUMN"

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2024