Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas Jessica Pegula mengalahkan semifinalis Wimbledon Elina Svitolina 4-6, 6-3, 6-4 untuk mencapai semifinal turnamen lapangan keras ATP dan WTA Mubadala Citi DC Open di Washington, Jumat waktu setempat.

Pegula mematahkan servis untuk membuka set terakhir dan menggagalkan lima break point Svitolina pada gim keenam sebelum mempertahankan keunggulan 4-2.

Svitolina menyelamatkan dua match point sebelum bertahan pada gim kesembilan tetapi Pegula menyelamatkan break point pada gim ke-10, dan melaju dengan servis winner pada match point ketiganya, memperbaiki skor menjadi 3-1 secara keseluruhan melawan Svitolina setelah dua jam delapan menit.

"Saya berpikir, 'Jika saya tidak melakukan servis, mungkin akan menjadi 5-7 dengan cepat.' Saya mungkin akan kalah," kata Pegula, seperti disiarkan AFP, Sabtu.

"Saya sangat lelah. Saya tahu kedengarannya mengerikan untuk dikatakan. Bukan itu yang seharusnya Anda pikirkan tapi... saya berkeringat sepanjang pertandingan."

Baca juga: Medvedev dan Kyrgios mundur dari Washington Open karena cedera

Petenis nomor tiga dunia Pegula, juara Washington 2019, mencapai semifinal WTA kelimanya tahun ini dan yang pertama sejak April.

Svitolina, yang bangkit kembali setelah menjadi seorang ibu tahun lalu, melakukan perjalanan ke perempat final French Open dan menang atas peringkat teratas Iga Swiatek di Wimbledon.

"Saya sangat menghormati dia," kata Pegula mengenai Svitolina.

"Dia baru saja punya bayi. Semua yang dia alami dengan negaranya. Saya mengatakan kepadanya bahwa saya merasa dia kembali sebagai orang baru. Anda bisa melihat daya saingnya."

Sementara itu, unggulan kedelapan asal Rusia, Liudmila Samsonova, mengalahkan petenis Ukraina Marta Kostyuk 6-4, 6-2 untuk mengamankan tempat di semifinal melawan unggulan ketiga dari AS Coco Gauff atau unggulan keenam dari Swiss Belinda Bencic.

Di sektor putra, Tallon Griekspoor mengalahkan petenis Prancis Gael Monfils, juara Washington 2016, 6-4, 1-6, 6-3 dalam pertandingan yang harus tertunda karena hujan. Petenis Belanda itu selanjutnya akan menghadapi J.J. Wolf.

Unggulan kesembilan dari Inggris Daniel Evans mengalahkan Alexander Shevchenko 6-4, 6-3 untuk membukukan tempat di perempat final melawan unggulan kedua tuan rumah Frances Tiafoe yang mengalahkan petenis China Shang Juncheng.


 

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2023