Purwokerto (ANTARA) - Gubernur Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) Mayjen TNI Djoko Andoko, S.E., M.M. mengharapkan mahasiswa baru Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mampu menghadapi tantangan zaman.

Saat memberikan kuliah umum pada acara Sidang Terbuka Senat Penerimaan dan Pembekalan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 Unsoed di Auditorium Graha Prof. Rubijanto Misman Unsoed, Purwokerto, Senin, Djoko menganalogikan mahasiswa sebagai Soedirman Muda yang berperan penting pada generasi saat ini, atau yang lebih dikenal dengan Generasi Z (Gen Z).

"Soedirman Muda diharapkan mampu menjawab tantangan zaman dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di tengah era Society 5.0 dalam mewujudkan visi Presiden Joko Widodo mewujudkan Indonesia Emas pada Tahun 2045," katanya saat menyampaikan materi kuliah umum dengan tema "Eksistensi Soedirman Muda di Era Society 5.0 dalam Menyongsong Indonesia Emas".

Dengan mengetahui tantangan dan kekuatan yang telah dimiliki Gen Z serta merumuskan strategi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta peningkatan kualitas mahasiswa, kata dia, Soedirman Muda akan mampu berdaya saing dalam era Society 5.0 dan mampu menghadapi semua tantangan di dunia kerja di masa depan.

"Saya harapkan Soedirman Muda mampu memiliki karakter yang berjiwa besar, rela berkorban, pantang menyerah, berpendirian teguh, memiliki keberanian tinggi dan moral serta perilaku yang baik untuk menyambut Indonesia Emas 2045," tegasnya.

Dalam kuliah umum yang menjadi rangkaian kegiatan "Soedirman Student Summit" tersebut, Djoko menyampaikan pesan Presiden Joko Widodo yang mengharapkan generasi muda saat ini harus siap menghadapi tantangan yang terus berubah dan berkembang.

Menurut dia, tidak dapat dipungkiri bahwa mahasiswa selalu memiliki peran yang krusial dan strategis dalam perubahan dan perkembangan Indonesia.

Oleh karena itu, kata dia, Soedirman Muda harus memiliki karakter Jenderal Soedirman yang selalu terdepan memimpin perang pada zamannya dengan gagah berani dan tanpa kenal rasa takut, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi, profesional, serta tangguh menghadapi segala tantangan untuk mewujudkan Indonesia Emas pada tahun 2045.

Dalam kesempatan terpisah, Wakil Rektor Unsoed Bidang Perencanaan, Kerjasama, dan Hubungan Masyarakat Dr. Waluyo Handoko, S.IP., M.Sc. mengatakan secara keseluruhan, jumlah mahasiswa baru Unsoed untuk tahun akademik 2023/2024 sebanyak 7.296 orang.

Dari total mahasiswa baru tersebut, kata dia, sebanyak 6.668 orang di antaranya merupakan mahasiswa jenjang D3 dan S1, sedangkan selebihnya jenjang S2 dan S3.

"Akan tetapi pelaksanaan Sidang Terbuka Senat Penerimaan dan Pembekalan Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2023/2024 Unsoed tersebut dibagi menjadi dua sesi, yakni sesi pertama pada pagi hari dan sesi kedua pada siang hari, karena ruangan di Graha Widyatama tidak mencukupi," jelasnya. 

Baca juga: Seleksi jalur mandiri Unri luluskan 2.648 calon mahasiswa baru
Baca juga: UI periksa kesehatan 9.000 lebih mahasiswa baru
Baca juga: Prodi Kedokteran ITS selangkah lagi terima mahasiswa baru

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023