Seluruh calon mahasiswa baru Unri tahun akademik 2023/2024 yang diterima melalui jalur Mandiri SMMPTN Barat, PBUD/PBM, D3 Kerja Sama, dan S1 RPL Keperawatan 2023 agar segera melaksanakan pendaftaran ulang
Pekanbaru (ANTARA) - Sebanyak 2.648 calon mahasiswa baru Universitas Riau (Unri) lulus melalui jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) Wilayah Barat tahun akademik 2023/2024.

"Mereka yang lulus adalah melalui Penelusuran Bibit Unggul Daerah (PBUD) dan Penelusuran Minat Bakat (PMB), Diploma Tiga (D3) Kerja Sama, dan Strata Satu (S1) RPL Keperawatan tahun 2023," kata Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Mexsasai Indra SH MH, di Pekanbaru, Kamis.

Ia mengatakan kepada seluruh calon mahasiswa baru Unri tahun akademik 2023/2024 yang diterima melalui jalur Mandiri SMMPTN Barat, PBUD/PBM, D3 Kerja Sama, dan S1 RPL Keperawatan 2023 agar segera melaksanakan pendaftaran ulang.

Ia menyebutkan sebanyak 2.648 calon mahasiswa Uunri yang dinyatakan lulus terdiri dari jalur SMMPTN Barat sebanyak 1.048 calon mahasiswa, PBUD/PBM sebanyak 1.564 calon mahasiswa, Seleksi Mandiri Program D3 Teknologi Pulp dan Kertas (kerja sama) sebanyak 12 calon mahasiswa, dan Seleksi Mandiri Alih Program pada Program Studi S1 Ilmu Keperawatan sebanyak 24 calon mahasiswa.

"Bagi calon mahasiswa baru Unri yang diterima melalui jalur ini yang tidak melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan jadwal, maka calon mahasiswa baru dianggap mengundurkan diri dan haknya sebagai mahasiswa baru Unri dinyatakan gugur," katanya.

Karena itu, kata dia, semua peserta yang dinyatakan lolos seleksi jalur SMMPTN Barat, PBUD/PBM, D3 Kerja Sama, dan S1 RPL Keperawatan 2023 tahun 2023 Unri harus melakukan tahapan-tahapan tertentu dengan jadwal registrasi yang dimulai pada 21-28 Juli 2023 untuk didata sebagai mahasiswa baru di Unri.

Untuk tahap pertama katanya adalah update biodata online. Calon mahasiswa baru UNRI tahun ajaran 2023/2024 wajib melakukan pegisian biodata untuk kebutuhan Uang Kuliah Tunggal (UKT) disertai mencetak dokumen syarat registrasi ulang.

Peserta yang lulus itu diminta memerhatikan semua informasi yang disampaikan, kemudian mengisi semua formulir yang disiapkan hingga mendapat jadwal pemeriksaan kesehatan di tautan http://admisi.unri.ac.id”.

Kedua, pembayaran biaya pendidikan (UKT) calon mahasiswa baru diminta untuk membayar Biaya Pendidikan mulai tanggal 21-27 Juli 2023 melalui bank yang ditunjuk, yakni BNI (Bank Negara Indonesia-red), BTN (Bank Tabungan Negara-red), BTN Syariah, dan Bank Mandiri.

Ketiga, tes kesehatan mahasiswa baru diwajibkan untuk memeriksa kesehatan di puskesmas atau RSUD di daerah masing-masing calon mahasiswa melaksanakan mulai 21-27 Juli 2023.

Keempat, registrasi ulang secara online seperti verifikasi pembayaran UKT dan penyerahan data dukung UKT, upload dokumen persyaratan registrasi ulang, verifikasi dan validasi dokumen mulai 21-28 Juli 2023, pemeriksaan status validasi mulai 21-28 Juli 2023, registrasi ini dilakukan secara online melalui tautan http://registrasiulang.unri.ac.id.

Kelima, Mahasiswa yang telah dinyatakan lolos verifikasi data daftar ulang mencetak kartu mahasiswa pada tanggal 1 Agustus 2023. Mahasiswa yang telah dinyatakan lolos wajib mengikuti upacara penyerahan mahasiswa dari Rektor ke Fakultas masing-masing serta mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) UNRI tahun ajaran 2023/2024.

"Untuk informasi lengkap, dapat mengakses website https://unri.ac.id," demikian Mexsasai Indra. 

Baca juga: Unri terima 6.530 mahasiswa baru pada 2023

Baca juga: Masyarakat diminta waspadai calo penerimaan mahasiswa baru

Baca juga: Pendaftaran mahasiswa baru jalur SMMPTN-Barat dibuka via daring

Baca juga: UNRI latih kewirausahaan 20 mahasiswa asal suku terasing



 

Pewarta: Frislidia
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2023