Jakarta (ANTARA) - Ragam peristiwa hukum mewarnai pemberitaan Senin (7/8) kemarin mulai dari Bea Cukai gagalkan pengiriman 1,4 juta rokok ilegal dari Jawa Timur hingga Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana mengaku ada uang dari terdakwa penyuap proyek Bandung Smart City.

Berikut lima berita hukum menarik kemarin yang dirangkum ANTARA:

1. Bea Cukai gagalkan pengiriman 1,4 juta rokok ilegal asal Jatim

Bea Cukai Semarang, Jawa Tengah, menggagalkan pengiriman 1,4 juta batang rokok ilegal senilai Rp1,7 miliar asal Jawa Timur, yang akan diedarkan ke Pulau Sumatera.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Semarang A, Bier Budy Kismulyanto, di Semarang, Senin, mengatakan penggagalan tersebut merupakan pengembangan dari pengungkapan yang dilakukan di Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah, pada akhir 2022.

"Barang bukti 60 koli rokok jenis sigaret kretek mesin tersebut diangkut dengan sebuah truk," paparnya.

Selengkapnya klik di sini.

2. Satgas Pamtas RI gagalkan penyelundupan 10 kilogram sabu dari Malaysia

Satgas Pamtas RI-Mly Yonarmed 16/Tumbak Kaputing kembali menggagalkan penyelundupan barang diduga narkoba jenis sabu-sabu seberat 10 kilogram di Dusun Gunabanir Desa Sungai Tekam Kecamatam Sekayam Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat.

"Penggagalan ini dilakukan menjelang Minggu pagi kemarin, di mana anggota kami di Pos Gunabanir berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkoba jenis sabu," kata Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas Indonesia-Malaysia Yonarmed 16/TK Mayor Arm Andreas Prabowo Putro, di Mako Kotis Entikong, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

3. Bareskrim periksa Panji Gumilang terkait TPPU hari ini

Penyidik Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Polri, Senin, menjadwalkan pemeriksaan Panji Gumilang (PG) untuk dimintai keterangan terkait penyidikan dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).

"Pemeriksaan untuk PG hari ini, pukul 10.00 WIB," kata Direktur Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittpideksus) Bareskrim Polri Brigjen Pol. Whisnu Hermawan kepada wartawan di Jakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

4. Polres Bantul ganti skema ujian SIM C dari bentuk "8" menjadi "S"

Satuan Penyelenggara Administrasi SIM (Satpas) Polres Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, resmi mengganti skema ujian praktik pembuatan Surat Izin Mengemudi kendaraan roda dua atau SIM C dari sebelumnya lintasan berbentuk angka "8" kini menjadi huruf "S".

"Polres Bantul sudah memberlakukan beberapa revisi terkait ujian praktik SIM C. Intinya, dipermudah," kata Kasihumas Polres Bantul Iptu I Nengah Jeffry Prana Widnyana dalam keterangan pers di Bantul, Yogyakarta, Senin.

Selengkapnya klik di sini.

5. Yana Mulyana ungkap adanya uang dari penyuap proyek Bandung Smart City

Wali Kota Bandung nonaktif Yana Mulyana mengungkapkan adanya uang dari tiga terdakwa penyuap pada proyek Bandung Smart City untuk pengadaan CCTV dan jaringan internet (ISP) yang dijalankan Dinas Perhubungan Kota Bandung.

Hal itu terungkap dalam lanjutan persidangan kasus suap pada proyek Bandung Smart City di Pengadilan Tipikor Bandung, di mana Yana tidak menampik menerima sejumlah uang, masing-masing dari Direktur Utama PT Citra Jelajah Informatika (CIFO) Sonny Setiadi, Manager PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Andreas Guntoro, dan Direktur PT Sarana Mitra Adiguna (SMA) Benny.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Narda Margaretha Sinambela
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023