Jakarta (ANTARA) -
Polres Metro Jakarta Pusat mengerahkan 1.100 personel untuk mengamankan demo buruh di Patung Tugu Kuda, Jakarta Pusat, pada Rabu.
 
Selain itu, menurut Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Pol Komarudin, pihaknya juga melakukan skema pengalihan lalu lintas di sekitaran Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat.
 
"Hari ini pengalihan pengalihan hanya di (Jalan) Merdeka Barat. Jadi arus lalu lintas yang ke arah utara dan selatan dialihkan di Patung Kuda dan juga Harmoni," katanya saat dihubungi di Jakarta, Rabu.
 
Komarudin menjelaskan ada sekitar tiga ribu orang yang datang dalam unjuk rasa itu. Karena itu dia mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari kawasan tersebut.
 
"Per hari ini, TMC (Traffic Management Center) sudah membuat imbauan, kiranya masyarakat bisa menghindari jalur Merdeka Barat karena ada aktivitas. Bisa menggunakan jalur Merdeka Selatan, Timur dan juga Utara," katanya.

Baca juga: Penyesuaian rute TransJakarta akibat ada aksi buruh di Patung Kuda
Baca juga: Polisi alihkan lalin imbas unjuk rasa di DPR/ MPR dan Patung Kuda
 
Sementara itu, Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Provinsi DKI Jakarta, PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) melakukan penyesuaian layanan rute layanan sehubungan adanya aksi Partai Buruh di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, dan sekitarnya.
 
"Kami minta pelanggan untuk dapat mengatur perjalanan selama penyesuaian ini berlangsung. Layanan akan beroperasi normal apabila jalur sudah bisa dilintasi kembali,” kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT TransJakarta 
Wibowo saat dikonfirmasi di Jakarta, Rabu.
 
Penyesuaian tersebut dilakukan agar masyarakat yang beraktivitas menggunakan TransJakarta dengan rute tertentu tetap berjalan lancar.

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023