Banjarmasin (ANTARA) - Universitas Lambung Mangkurat (ULM) menawarkan bantuan biaya pendidikan bagi 591 mahasiswa yang tidak tertampung kuota Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah angkatan 2023.

"Bantuan biaya pendidikan sesuai kuota yang diberikan oleh Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Puslapdik) Kemendikbudristek," kata Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni ULM, Muhamad Rusmin Nuryadin di Banjarmasin, Kamis.

Baca juga: ULM sediakan kuota KIP Kuliah 1.200 orang

Bantuan biaya yang diberikan berupa pembayaran uang kuliah tunggal (UKT) selama delapan semester pada program sarjana (S1).

Apabila mahasiswa yang bersangkutan bersedia diharapkan segera mengisi berkas pendaftaran melalui link https://bit.ly/DAFTAR_BANTUANUKT paling lambat 6 September 2023.

Rusmin mengakui 591 mahasiswa baru tersebut dinilai layak mendapatkan bantuan beasiswa berdasarkan hasil verifikasi tim universitas.

Oleh karena itu, ULM memperjuangkan mereka bisa mendapatkan beasiswa di luar kuota KIP Kuliah yang tahun ini hanya 516 mahasiswa baru angkatan tahun 2023, jalur masuk Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) dan Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT).

Baca juga: ULM terima 411 calon mahasiswa KIP Kuliah di jalur SNBP 2023

Baca juga: ULM dapatkan kuota KIP Kuliah 516 mahasiswa baru tahun 2023


Animo pendaftar penerima KIP Kuliah di ULM tahun ini cukup tinggi, bahkan melebihi kuota yang diberikan, yakni lebih dari 1.400 orang.

ULM juga telah mengalihkan sebagian mahasiswa untuk bisa menerima program beasiswa lainnya, di antaranya beasiswa IBFL Batch 4 PT Adaro Indonesia kurang lebih 100 orang, beasiswa Effort PT Arutmin sekitar 30 orang dan beasiswa Etos id sebanyak empat orang.

Pewarta: Firman
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023