"Upaya ini kami lakukan dengan melakukan latihan penanggulangan keadaan darurat keamanan dan keselamatan penerbangan,
Palangka Raya (ANTARA) - Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Kelas III Kuala Kurun di Kabupaten Gunung Mas, Provinsi Kalimantan Tengah terus berupaya meningkatkan keamanan dan keselamatan penerbangan.

"Upaya ini kami lakukan dengan melakukan latihan penanggulangan keadaan darurat keamanan dan keselamatan penerbangan," kata Kepala Kantor Unit Penyelenggara Bandar Udara Kelas III Kuala Kurun, Kabupaten Gunung Mas, Darsono di Kuala Kurun, Kamis.

Pada pelatihan itu dibuat skenario pencegahan terhadap ancaman keadaan darurat. Melalui kegiatan itu, diharapkan seluruh pihak terutama Komite Keamanan dan Keselamatan Bandar Udara terkait siap melakukan antisipasi dan sigap jika terjadi ancaman keadaan darurat.

"Maka seluruh anggota komite sudah siap tanggap, dalam merespons dan mengetahui tindakan, serta langkah yang harus dilakukan sesuai standar operasional prosedur," Darsono.

Dia menambahkan, kegiatan itu juga sebagai bentuk komitmen dalam menerapkan keamanan dan keselamatan penerbangan secara maksimal.

Selain itu, pihaknya juga melaksanakan rapat antara Komite Keamanan dan Keselamatan Bandar Udara dan berbagai pihak terkait guna meningkatkan koordinasi dan komunikasi antara seluruh pemangku kepentingan.

Melalui rapat ini diharap anggota komite dapat memahami dan meningkatkan kesiapan untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab, dalam menghadapi keadaan darurat yang dapat mengancam Bandara Kuala Kurun.

"Rapat ini membahas berbagai masalah terkait keamanan dan keselamatan. Ini salah satu upaya dini agar hal-hal yang tidak diinginkan terjadi adalah dengan melaksanakan rapat Komite Keamanan dan Keselamatan Bandar Udara,” katanya.

Dengan demikian diharap alur komando yang terlibat dalam penanggulangan keadaan darurat mampu mencapai waktu sesingkat mungkin, guna pemulihan segala akibat dari keadaan darurat di Bandara Kuala Kurun.

Staf Ahli Bupati Gunung Mas, Bidang Ekonomi, Keuangan dan Pembangunan, Guanhin menyambut baik pelaksanaan rapat komite, yang dilanjutkan dengan latihan penanggulangan keadaan darurat keamanan dan keselamatan penerbangan.

“Melalui kegiatan ini kita harap koordinasi dengan seluruh pemangku kepentingan akan semakin baik ke depan,” kata Guanhin.
Baca juga: Pemkab Gunung Mas programkan satu rumah satu sarjana
Baca juga: Pemkab Gunung Mas tingkatkan infrastruktur digital di 17 desa
Baca juga: Bapanas-Kalteng sinergi entaskan dua kabupaten rentan rawan pangan

 

Pewarta: Rendhik Andika/Chandra
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023