Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak potensi pariwisata prioritas yang sangat menakjubkan baik yang berbasis keindahan alam, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif
Makassar (ANTARA) - PT Sarana Multigriya Finansial (SMF), BUMN pembiayaan perumahan, turut mengembangkan destinasi wisata Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan, dengan menyalurkan pembiayaan senilai Rp420 juta untuk pembangunan 14 homestay atau penginapan di Desa Salenrang, Kabupaten Maros, Sulsel.

Dalam kesempatan tersebut Direktur Utama SMF Ananta Wiyogo mengatakan bahwa Desa Salenrang merupakan desa yang memiliki potensi wisata yang berlimpah, yang dapat berkontribusi positif pada kebangkitan wisata nasional.

“Kami melihat Provinsi Sulawesi Selatan memiliki banyak potensi pariwisata prioritas yang sangat menakjubkan baik yang berbasis keindahan alam, pemberdayaan masyarakat dan ekonomi kreatif yang berfokus pada kesejahteraan masyarakat lokal,” kata Ananta dalam acara penandatangan perjanjian pembiayaan homestay antara SMF dan BUMDes Appakabaji di Makassar, Jumat.

Dalam kerja sama tersebut, SMF berperan sebagai pemberi pembiayaan homestay milik masyarakat di desa atau lokasi wisata melalui BUMdes Appakabaji.

Pembiayaan homestay itu merupakan mandat perseroan sebagai BUMN serta arahan dari para pemegang saham untuk turut membantu mendongkrak sektor pariwisata sekaligus menyejahterahkan masyarakat setempat.

Melalui program pembiayaan tersebut, dana SMF yang berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dikembalikan lagi kepada masyarakat untuk dapat memberikan dampak sosial maupun ekonomi yang nyata baik bagi daerah maupun masyarakat setempat.

Adapun beberapa obyek wisata terkenal di Desa Salenrang diantaranya seperti wisata Rammang-rammang yang disebut-sebut sebagai salah satu dari 3 wisata alam kars tercantik dan terpanjang di dunia selain di China dan Vietnam. Tidak heran berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional disematkan ke destinasi yang berada persis di Kecamatan Bontoa tersebut.

Baru-baru ini pada 7 Agustus lalu, Rammang-rammang dinobatkan dalam 75 desa wisata terbaik dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2023. Sebelumnya Rammang-rammang juga meraih Creative Tourism Destination Award 2022. Rammang-rammang berhasil memenangkan 2 dari 3 kategori yang dipertandingkan yaitu kategori Digital dan Youth.

Kegiatan pembiayaan homestay ini dilakukan dengan menggunakan dana program kemitraan SMF. SMF mendapatkan dana operasionalnya salah satunya berasal dari APBN dimana sumbernya antara lain dari dana pajak yang dibayarkan masyarakat kepada negara.

Salah satu masyarakat penerima manfaat pembiayaan homestay ini yakni Naharuddin mengaku sangat bersyukur mendapat pembiayaan dari SMF. Bantuan pembiayaan ini, sangat membantu dirinya sebagai warga lokal yang kesehariannya bergelut dengan pariwisata di Rammang-rammang.

Pria yang berprofesi sebagai tour guide ini berharap semoga kedepannya akan lebih banyak lagi pelaku wisata lokal yang bisa dibantu oleh SMF, dan lebih banyak penyaluran yang disertai dengan keringanan angsuran.

Program pembiayaan homestay merupakan salah satu inisiatif strategis SMF yang telah bergulir sejak tahun 2018. Hingga semester I 2023, SMF telah membiayai 157 homestay di 17 desa wisata dengan total nilai pembiayaan sebesar Rp12,64 miliar.


Baca juga: SMF- BSI luncurkan efek beragun aset syariah pertama di Indonesia
Baca juga: BRI dukung pengembangan Desa Wisata Pematang Johar Sumut

Pewarta: Bayu Saputra
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2023