Tanjung Selor (ANTARA) - Bupati Nunukan Asmin Laura Hafid melepas Kontingen Cabang (Koncab) Pramuka Nunukan untuk mengikuti Raimuna Nasional XII pada 14 sampai 21 Agustus 2023 di Jakarta.

“Peserta kontingen Nunukan adalah peserta terpilih hasil seleksi secara berjenjang mulai dari sekolah, kwartir ranting, dan kwartir cabang,” kata Bupati Nunukan Asmin Laura di Nunukan, Jumat.

Untuk diketahui, Nunukan mengutus 20 peserta. Raimuna adalah pertemuan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dalam bentuk perkemahan besar di Indonesia diselenggarakan oleh Kwartir Gerakan Pramuka.

Bupati Nunukan sekaligus menjabat sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Nunukan.

Bupati mengatakan, Raimuna Nasional merupakan momentum yang sangat baik untuk merajut persaudaraan dengan anggota Pramuka lainnya dari seluruh Indonesia sekaligus merupakan wahana untuk meningkatkan keterampilan, kemandirian, dan menjaga semangat persatuan dan kesatuan bangsa.

"Jaga sikap, tutur kata, maupun perbuatan selama mengikuti kegiatan ini karena sikap anggota kontingen menjadi cerminan dan gambaran masyarakat Nunukan,” kata Asmin Laura.

Untuk diketahui, pada kegiatan pelepasan kontingen, dirangkaikan dengan penyerahan piagam penghargaan Pramuka Garuda dari Bupati Nunukan kepada Kepala SMPN 1 Nunukan, Kepala SMAN 1 Nunukan, Kepala SMAN 1 Sebatik, Kepala Madrasah Aliyah Yayasan Islam Indonesia Pulau Sebatik (MA YIIPS) Sebatik Timur, dan Kepala SMAN 1 Sebatik Tengah.

Raimuna Nasional XII ditargetkan akan dihadiri lebih dari 25 ribu peserta yang merupakan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang berusia kisaran 16-25 tahun dari seluruh Indonesia.

"Kegiatan ini tentunya akan memperkuat capaian target (1,2 miliar-1,4 miliar) pergerakan wisatawan nusantara," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Raimuna Nasional XII Tahun 2023 akan berlangsung pada tanggal 14-21 Agustus 2023 di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka Cibubur, Jakarta Timur.

Selama pelaksanaan kegiatan, para peserta akan mengikuti total 122 kegiatan yang terbagi dalam lima pilar kegiatan. Yakni persatuan dan kesatuan, kebudayaan, teknologi, pengetahuan dan keterampilan, serta pengabdian masyarakat.

"Semoga rangkaian Raimuna Nasional XII 2023 berjalan dengan lancar dan diharapkan mampu memperkuat semangat kebangsaan dan kontribusi positif pemuda khususnya bagi masa depan pariwisata Indonesia yang lebih maju dan berdaya saing di tingkat global," ujar Sandiaga.

Ketua Dewan Kerja Nasional Gerakan Pramuka, Fatkhul Manan, menjelaskan pihaknya akan melibatkan lebih dari 250 UMKM untuk menghadirkan berbagai produk ekonomi kreatif. Mulai dari fesyen, kuliner, kriya, dan lainnya.

"Semoga ini bisa menjadi momentum baik untuk mempromosikan dan memasarkan produk UMKM secara lebih luas," ujar Fatkhul Manan.

Ketua Pelaksana Raimuna Nasional XII 2023, Raihan Muhammad Sujaya, menjelaskan setiap kontingen dari masing-masing daerah nantinya juga akan membuka booth untuk mempromosikan produk-produk ekonomi kreatif daerah dan destinasi pariwisata. Yang diikuti beberapa Kementerian dan Lembaga.

"Tidak hanya selalu tentang Pramuka, nantinya selama satu sampai dua hari peserta juga akan memiliki kesempatan magang di kementerian/lembaga termasuk di Kemenparekraf," kata Sujaya.

Direktur Pengembangan SDM Pariwisata Kemenparekraf/Baparekraf, Florida Pardosi, mengatakan melalui kegiatan ini anggota Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega yang jumlahnya mencapai sembilan juta orang, akan didorong untuk menjadi agen perubahan yang berkarakter dalam pengembangan pariwisata khususnya di desa-desa wisata.

"Ini potensi luar biasa yang bisa kita kolaborasikan secara optimal," ujar Florida.

Baca juga: Pemprov Sulsel peringati Hari Pramuka ke 62
Baca juga: Kajari Selayar lepas kontingen peserta Raimuna Nasional 2023

 

Pewarta: Muh. Arfan
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2023