Sehingga dalam proses inilah akan memperkuat jaringan dan kolaborasi antarlembaga pendidikan untuk saling belajar dan memberikan dukungan
Jayapura (ANTARA) - Pemerintah Kota (Pemkot) Jayapura, Papua mendorong implementasi Kurikulum Merdeka di semua sekolah di daerah itu untuk memperkuat karakter, ketrampilan dan pengembangan potensi individu peserta didik.

Penjabat Sekretaris Daerah Kota Jayapura Robby Awi dalam kegiatan "In House Training" (IHT) yang digelar SMA Negeri 2 Jayapura di Jayapura, Jumat, mengatakan Kurikulum Merdeka menempatkan peserta didik sebagai pusat pembelajaran dan memberikan kebebasan untuk memilih dan menjalani proses pembelajaran yang sesuai dengan minat dan bakat siswa.

"Sehingga kami berharap melalui 'In House Training' peserta dapat mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang konsep implementasi serta manfaat dari Kurikulum Merdeka," katanya.

Baca juga: Kemendikbud: Kurikulum Merdeka lahirkan pembelajar sepanjang hayat

Menurut Awi, dalam kegiatan tersebut juga peserta bisa berbagi pengalaman, ide yang inovatif dan tantangan yang dihadapi dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

"Sehingga dalam proses inilah akan memperkuat jaringan dan kolaborasi antarlembaga pendidikan untuk saling belajar dan memberikan dukungan," katanya lagi

Dia menjelaskan, Pemkot Jayapura telah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah itu karena Ibu Kota Provinsi Papua tersebut menjadi barometer pendidikan di Bumi Cenderawasih.

Baca juga: Kemendikbudristek : Ikhlas guru modal implementasi kurikulum merdeka

"Untuk itu kami menyampaikan apresiasi kepada SMA Negeri 2 Jayapura yang telah melaksanakan IHT untuk meningkatkan kemampuan pendidik dan juga kualitas pendidikan di Kota Jayapura," ujarnya lagi

Kepala Sekolah SMAN 2 Jayapura Yan Ayomi mengatakan pelaksanaan IHT sangat penting dilakukan karena merupakan kebutuhan pendidik dalam menyiapkan modul pembelajaran tetapi juga perangkat mengajar.

"Seorang guru wajib mempunyai dasar untuk menyiapkan perangkat pembelajaran sehingga terarah dalam proses belajar mengajar di kelas," katanya.

Baca juga: Kemendikbud: Empat aspek Merdeka Belajar menginspirasi negara ASEAN

Pewarta: Ardiles Leloltery
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023