Jakarta (ANTARA) - Alex de Minaur mengakhiri laju kemenangan Daniil Medvedev di ATP Toronto Masters, Jumat waktu setempat, mengejutkan unggulan kedua itu 7-6 (9/7), 7-5 untuk mencapai semifinal.

De Minaur akan tampil dalam semifinal pertamanya pada level Masters 1000 melawan petenis Spanyol non-unggulan Alejandro Davidovich Fokina, yang mengalahkan Mackenzie McDonald 6-4, 6-2.

"Saya harus memainkan tenis terbaik saya. Sejauh ini, ini adalah pekan yang luar biasa bagi saya," kata De Minaur, runner-up Los Cabos akhir pekan lalu, seperti disiarkan AFP, Sabtu.

Medvedev telah memenangi tujuh pertandingan terakhirnya di Toronto, termasuk perebutan gelar pada 2021.

Baca juga: Alcaraz melaju ke perempat final, Murray mundur dari ATP Toronto

Namun, pemain berusia 27 tahun itu tidak mampu melewati permainan De Minaur, yang kalah empat kali dari lima pertemuan sebelumnya dengan Medvedev.

"Mengalahkan dia tahun lalu memberi saya kepercayaan diri untuk pertandingan ini. Ini selalu menjadi pertandingan taktis yang lengkap di antara kami, kami berdua bisa beradaptasi dan bisa memainkan banyak gaya tenis," De Minaur menyebutkan.

"Ia memunculkan yang terbaik dalam diri saya, cara saya bermain hari ini adalah gaya tenis terbaik yang bisa saya hasilkan," imbuh De Minaur.

De Minaur membutuhkan lebih dari satu jam per set untuk menang melawan petenis nomor tiga dunia itu.

Petenis Australia itu menyelamatkan tiga set point pada set pembuka dan mengklaim kemenangan pada kesempatan keduanya saat Medvedev melakukan kesalahan ganda.

De Minaur memainkan perempat final kesembilannya musim ini, dan setelah mengalahkan peringkat sembilan Taylor Fritz pada Kamis. Sekarang iia telah meraih dua kemenangan atas peringkat 10 besar di ajang yang sama untuk pertama kali dalam karirnya.

Sementara itu, Medvedev, hanya mengalami kekalahan ketiganya musim ini di turnamen Masters.

Baca juga: Djokovic mundur dari ATP Masters Toronto karena kelelahan
Baca juga: Osaka mundur dari laga pembuka Toronto Masters karena sakit punggung

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Roy Rosa Bachtiar
Copyright © ANTARA 2023