Jakarta (ANTARA) - Unggulan teratas asal Yunani Stefanos Tsitsipas mengalahkan unggulan kelima dari Australia Alex de Minaur 6-3, 6-4 untuk merebut gelar ATP Mexico Open, Sabtu waktu setempat, untuk gelar pertamanya dalam 14 bulan.

Tsitsipas, runner-up Australian Open tahun ini, merebut mahkota lapangan keras luar ruangan ATP pertamanya di final ketiganya tahun ini, setelah kalah dari Novak Djokovic di Melbourne pada Januari dan dari peringkat teratas Carlos Alcaraz di Barcelona pada April.

Petenis berusia 24 tahun itu merebut gelar ke-10 dalam kariernya, dan yang pertama sejak Juni tahun lalu di Mallorca untuk menghentikan paceklik kemenangan di lima final.

Peringkat lima dunia Tsitsipas meningkatkan dominasi head-to-head menjadi 10-0 atas peringkat ke-19 de Minaur, yang berharap dapat meraih dua gelar Meksiko setelah memenangi gelar di Acapulco pada Februari.

"Itu pertandingan yang hebat. Saya sangat senang kami mampu memberikan kualitas yang hebat di pertandingan final," kata Tsitsipas, seperti disiarkan AFP, Minggu.

Baca juga: Tsitsipas sebut kekuatan mental dan fisik kunci menang di French Open

Petenis berusia 24 tahun dari Sydney, de Minaur, gagal meraih mahkota ATP kedelapan dalam kariernya di final ketiganya tahun ini. Dia juga kalah dari Alcaraz pada Juni di Queen's.

Setelah Tsitsipas mendominasi set pertama, de Minaur menyerah pada kesempatan break karena kesalahan ganda. Namun, di set kedua dia mencoba membalas pada gim keenam untuk menyamakan kedudukan.

Tsitsipas, yang memenangi 23 dari 28 poin servis pertamanya, membalas dengan mematahkan servis pada gim kesembilan, unggul 5-4 dengan pukulan forehand winner, kemudian menahan servis untuk menghabisi petenis Australia itu pada menit ke-86 ketika de Minaur melepaskan pukulan forehand yang terlampau panjang.

Baca juga: Tsitsipas melaju ke 16 besar Barcelona Open

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023