Jakarta (ANTARA) - Penyelenggara mengumumkan bahwa petenis nomor dua dunia Novak Djokovic mengundurkan diri dari turnamen ATP Masters Toronto karena kelelahan.

Pengumuman itu muncul sepekan setelah juara Grand Slam 23 kali asal Serbia itu kalah dari petenis Spanyol Carlos Alcaraz di final Wimbledon.

Mundurnya Djokovic membuat turnamen pemanasan US Open yang akan dimulai pada 7 Agustus itu kehilangan juara empat kali ajang tersebut.

"Saya selalu menikmati waktu saya di Kanada, tetapi setelah berbicara dengan tim saya, kami yakin ini adalah keputusan yang tepat untuk diambil," kata Djokovic dalam pernyataan yang dirilis Tennis Canada, seperti disiarkan AFP, Senin.

Baca juga: Alcaraz kalahkan Djokovic untuk juarai Wimbledon

"Saya ingin berterima kasih kepada Karl Hale, Direktur Turnamen, untuk memahami keputusan ini. Saya sangat berharap bisa kembali ke Kanada dan Toronto di tahun-tahun mendatang untuk bermain di depan penggemar yang luar biasa di sana."

Alcaraz menggagalkan Djokovic meraih gelar Wimbledon kedelapan yang menyamai rekor Roger Federer pekan lalu, sekaligus memberi kekalahan pertamanya di Centre Court All England Club dalam 10 tahun.

Kemenangan petenis Spanyol itu juga mengakhiri peluang Djokovic yang berusia 36 tahun untuk menyapu bersih kalender Grand Slam tahun ini setelah kemenangannya di Australian dan French Open membuat penghitungan gelar major miliknya menjadi rekor 23 gelar.

Baca juga: Djokovic sebut Alcaraz perpaduan talenta dirinya, Federer dan Nadal

Perempat finalis Wimbledon, Christopher Eubanks akan otomatis masuk ke undian utama Toronto.

Petenis Amerika itu mengalahkan unggulan kelima Stefanos Tsitsipas dan unggulan ke-12 Cameron Norrie dalam perjalanan menuju delapan besar di Wimbledon.

Hale mengakui absennya Djokovic, yang pernah menjuarai Canada Open pada 2007, 2011, 2012, dan 2016, akan menjadi kehilangan tersendiri bagi penggemar.

"Tentu saja kami kecewa karena Novak tidak akan bermain di National Bank Open tahun ini," ujar Hale.

“Dia pemain yang luar biasa dan kami tahu penggemar kami sangat ingin menonton di Stadion Sobeys."

"Dia akan dirindukan tapi kami masih memiliki daftar panjang pemain sensasional yang dikonfirmasi untuk ajang tahun ini, termasuk 41 dari 42 pemain top dunia."

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2023