Jakarta (ANTARA News) - Peluncuran perangko bersama menandai 60 tahun hubungan diplomatik antara RI dan Meksiko, yang diselenggarakan atas kerja sama KBRI Mexico City dengan PT Pos Indonesia dan Servicio Postal Mexicano (Sepomex).

Asisten Penerangan Sosial Budaya KBRI Mexico City Octa Kusuma Nugraha dalam penjelasan melalui surat elektronik menjelaskan, dalam kegiatan itu dilakukan penandatanganan dan pemberian stempel pada sampul hari pertama oleh Duta Besar RI untuk Meksiko Hamdani Djafar dan Direktur Jenderal Sepomex Yuriria Mascot Perez.

Dalam acara bertajuk "Peluncuran Perangko Bersama RI-Mexico" di Palacio Postal, Centro Historico, Mexico City, pada Jumat (5/4) malam itu disaksikan oleh Dirjen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Meksiko Alejandro Madrigal Becerra, Wakil Ketua DPR RI Mohamad Sohibul Iman, dan Direktur Pos Kemenkominfo, Wiryanta, serta 75 undangan lainnya yang terdiri atas duta-duta besar negara ASEAN, pejabat Kementerian Luar Negeri dan Kementerian Transportasi dan Komunikasi Meksiko, dan para senator Meksiko.

Dari pihak Indonesia, hadir delegasi DPR RI Mohamad Sohibul Iman dan Surahman Hidayat, yang tengah mengikuti Forum Konsultasi G-20 di Mexico City dan delegasi Kemenkominfo yang diwakili oleh Direktur Ritel dan Properti PT Pos Indonesia Setyo Riyanto dan Kasubdit Prangko dan Filateli Yohanes Widyawan.

Disebutkan bahwa Dirjen Sepomex Yuriria Mascot Perez menyampaikan penerbitan perangko bersama RI-Meksiko mempunyai arti tersendiri bagi Sepomex, khususnya sebagai kegiatan pertama dari rangkaian peringatan 60 tahun hubungan kedua negara.

Yuriria menggarisbawahi bahwa kerja sama antara Sepomex dan PT Pos Indonesia tidak saja terbatas pada penerbitan perangko bersama, tetapi juga sebagai "sharing best practices" dalam rangka mengembangkan potensi kedua perusahaan jasa pos itu.

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Meksiko Hamdani Djafar menyatakan bahwa sesuai dengan pilihan rancangan perangko bersama "Leopard-Indonesia dan Jaguar-Meksiko" yang melambangkan kecepatan, diharapkan bahwa mulai saat ini dan ke depannya hubungan bilateral kedua negara dapat meningkat pesat dengan kecepatan tinggi di berbagai bidang kerja sama.

Wakil Ketua DPR M Sohibul Iman menyampaikan penghargaan atas upaya KBRI dan menyatakan komitmen DPR untuk terus mendukung kerja yang dilakukan oleh KBRI Mexico City dalam rangka meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

Mewakili pemerintah Meksiko, Dirjen Asia Pasifik Kementerian Luar Negeri Alejandro Madrigal Becerra menyatakan bahwa 60 tahun adalah waktu yang tepat untuk menggenjot hubungan bilateral kedua negara.

Untuk itu, pemerintah Meksiko bekerja sama dengan KBRI Mexico City akan terus mencari peluang dan menggali potensi kerjasama kedua negara baik di bidang ekonomi, perdagangan, budaya dan pendidikan.

Menurut Direktur Pos Indonesia Wiryanta dan Direktur Ritel dan Properti PT Pos Indonesia, Setyo Riyanto, untuk penerbitan perangko bersama RI-Meksiko akan dicetak 300 ribu perangko dan 4.000 sampul hari pertama, sedangkan Meksiko akan mencetak 200 ribu perangko dan 3.000 sampul hari pertama.

Acara penerbitan perangko bersama diselingi oleh penampilan dua tarian tradisional Indonesia, yakni tari Panyembrama dan Ngarojeng serta "cocktail party" yang menyajikan makanan khas Indonesia.

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2013