Jakarta (ANTARA) -
Beberapa berita politik sepekan menjadi perhatian pembaca dan masih menarik untuk dibaca kembali, Presiden tanggapi soal polusi Jakarta hingga hoaks titik rawan Pemilu 2024.
 
Berikut enam berita politik sepekan terakhir yang masih menarik untuk dibaca kembali:

Jokowi sebut solusi polusi Jakarta dengan geser beban ibu kota ke IKN

Presiden Joko Widodo mengatakan salah satu solusi untuk mengatasi polusi udara di DKI Jakarta adalah dengan menggeser beban yang dipikul Jakarta sebagai ibu kota itu ke Nusantara (Ibu Kota Nusantara), Kalimantan Timur.
 
"Salah satu solusinya adalah mengurangi beban Jakarta, sehingga sebagian nanti digeser ke Ibu Kota Nusantara," kata Jokowi usai meresmikan Indonesia Arena di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Senin.
 
Selengkapnya baca di sini

Presiden Jokowi ajak dubes asing gunakan MRT menuju Stasiun ASEAN
 
Presiden RI Joko Widodo mengajak para duta besar negara ASEAN dan sejumlah negara mitra menggunakan transportasi massal Moda Raya Terpadu (MRT) dari Stasiun Bundaran HI menuju Stasiun ASEAN, Jakarta, Selasa.
 
Inisiasi Jokowi mengajak para dubes menaiki MRT ini bertepatan dengan peringatan HUT Ke-56 ASEAN atau ASEAN Day.
 
Selengkapnya baca di sini

Indonesia termasuk negara dengan ekonomi tumbuh lebih 5 persen di G20
 
Presiden RI Joko Widodo mengatakan Indonesia termasuk dalam tiga negara anggota G20 yang mampu mencapai pertumbuhan ekonomi melebihi 5 persen, bersama dengan India dan Tiongkok.
 
"Di G20, negara-negara G20 yang tumbuh di atas 5 persen itu hanya Indonesia, India, RRT (Republik Rakyat Tiongkok)," kata Jokowi dalam Munas Real Estate Indonesia (REI) 2023 di Jakarta, Rabu.

Selengkapnya baca di sini

Jokowi hormati putusan MA soal kasasi Ferdy Sambo
 
Presiden RI Joko Widodo menghormati putusan Mahkamah Agung (MA) terhadap permohonan kasasi terdakwa pembunuhan berencana Brigadir Yosua Hutabarat, Ferdy Sambo, menjadi pidana penjara seumur hidup, dari sebelumnya hukuman mati.
 
"Saya menghormati keputusan yang ada. Kita harus hormati," kata Presiden Jokowi saat ditemui usai meninjau Stasiun LRT Jatimulya, Bekasi, Jawa Barat, Kamis.
 
Selengkapnya baca di sini

Jokowi tunjuk Mahfud MD dan Muhadjir Effendy pimpin Gugus Tugas TPPO
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menkopolhukam Mahfud MD sebagai Ketua I dan Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendy sebagai Ketua II dalam Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang.
 
Hal tersebut diatur dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 49 Tahun 2023 tentang perubahan kedua atas Peraturan Presiden Nomor 69 Tahun 2008 tentang Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) yang salinannya diunggah di jdih.setneg.go.id dan dipantau di Jakarta, Jumat.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Ketua Bawaslu: Hoaks jadi titik rawan pemilu yang tak terhindarkan
 
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI Rahmat Bagja menyebut berita bohong atau hoaks sebagai titik rawan dalam pemilihan umum (pemilu) yang tak terhindarkan di era digitalisasi saat ini.
 
“Hoaks atau berita bohong merupakan variabel titik rawan dalam pemilu dan pemilihan yang sifatnya tidak terhindarkan di masa digitalisasi dewasa ini,” kata Bagja dalam webinar “Sosialisasi Perkembangan Tahapan Pemilu dan Pilkada Serentak 2024” dipantau secara daring melalui kanal YouTube Masyarakat Ilmu Pemerintahan Indonesia, Jakarta, Sabtu.
 
Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Laily Rahmawaty
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2023