Da Nang, Vietnam (ANTARA) -
Jika anda mencari wisata yang unik di Vietnam, mungkin anda perlu mencoba menaiki perahu berputar di Coconut Tour Hoi An.
 
Perahu berputar atau dalam bahasa Vietnam disebut Quay Thung adalah wisata dengan perahu berbentuk bulat yang mengitari kawasan tanaman kelapa air yang dalam bahasa Vietnam disebut Dua Nouc.
 
Perahu yang terbuat dari bambu tersebut awalnya merupakan perahu yang sering dipakai nelayan untuk mencari ikan kecil, udang dan kepiting kecil di anak sungai Thu Bon. Saat perang dengan Amerika, kawasan ini menjadi tempat bersembunyi tentara gerilya Vietnam.

Baca juga: Vietnam jadi destinasi wisata yang diminati pengunjung Indonesia

Namun saat ini, sungai tersebut menjadi pusat wisata yang menarik turis dan para nelayan beralih profesi menjadi pendayung wisatawan.

Dalam wisata ini, pengunjung disuguhkan dengan atraksi dari pengemudi perahu yang akan menggoyang bahkan memutar-mutar perahu di tengah sungai.
 
Mereka juga kerap meneriakkan yel-yel semangat agar semakin memeriahkan perjalanan tur.
 
Dalam kesempatan kali ini, ANTARA mengikuti tur dari Mr. Tai Coconut Water Tour dan menaiki perahu bersama pengemudi perahu bernama Homh. Ia mengatakan, panjang sungai ini sekitar 2 kilometer dengan perjalanan 40 menit. Turis juga bisa memancing kepiting di sekitar pohon kelapa, dengan alat pancing dan umpan yang telah disediakan di perahu.
 
Jika ingin mendokumentasikan diri, Homh dan pengemudi perahu lainnya menyediakan topi caping khas Vietnam yang bernama Non La untuk dipakai selama tur di atas perahu.

Baca juga: Album Asia: Menengok sejumlah destinasi wisata populer di Vietnam
 
Dalam perjalanan, Homh membawa kami berkumpul di tengah sungai, dan mendekati satu perahu berisi pengemudi perahu lainnya yang membawa pengeras suara.
 
Di sana wisatawan bisa berjoget atau bernyanyi diiringi musik yang dimainkan pengemudi perahu. Selain itu juga ada atraksi seorang pengemudi perahu yang memutar-mutar perahunya sambil berdiri yang dapat menjadi dokumentasi yang 'ciamik'.
 
Untuk mengapresiasi, wisatawan bisa memberi uang tip pada performer tersebut seharga 10.000 Dong Vietnam.
 
Ada lebih dari 2.000 perahu yang beroperasi di sini, sehingga pengunjung tidak perlu khawatir tidak kebagian perahu.
 
Pemandu wisata untuk turis Indonesia bernama Chau Quang Huong Duong atau yang akrab disapa Joko mengatakan tur Coconut water dengan perahu bulat ini banyak didatangi oleh turis dari Korea dan Thailand. Tempat wisata ini buka dari jam 7 pagi hingga 5 sore. Namun, Joko menyarankan untuk datang ke Coconut Tour pada pagi hari sekitar jam 8 pagi atau jam 4 sore agar tidak terlalu ramai dan panas.

Baca juga: Vietnam sambut kelompok tur pertama wisatawan China dalam tiga tahun
 
Pastikan anda memakai tabir surya dan pelindung kulit seperti topi atau payung untuk melindungi dari teriknya sinar matahari dan memakai pelampung untuk keselamatan.
Tur menyusuri anak sungai Thu Bon dengan pemandangan pohon kelapa air (ANTARA/Fitra Ashari)
Atraksi pengemudi memutar perahu yang menjadi perhatian wisatawan (ANTARA/Fitra Ashari)
Wisatawan menikmati perjalanan tur di Coconut water tour (ANTARA/Fitra Ashari)
 
Untuk satu orang dikenakan biaya 10 dolar AS atau 200.000 Dong Vietnam. Wisatawan bisa datang ke sini dengan menggunakan taksi dari Da Nang selama 40 menit dengan membayar 350-400 ribu Dong Vietnam, dan dari pusat kota Hoi An kira-kira 15-20 menit dengan membayar 200.000 Dong.

Baca juga: Promosikan wisata Indonesia, IMI selesaikan WIMT 2022 di Vietnam

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023