untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air
Meulaboh (ANTARA) - Personel Satuan Polisi Air Udara (Satpolairud) Polres Aceh Barat membagikan Bendera Merah Putih kepada komunitas masyarakat nelayan di Meulaboh, menjelang Peringatan Hari Ulang Tahun ke-78  Kemerdekaan Republik Indonesia.

“Pemberian Bendera Merah Putih secara gratis ini, bertujuan untuk meningkatkan semangat nasionalisme dan cinta Tanah Air kepada masyarakat,” kata Kepala Seksi Humas Polres Aceh Barat, AKP Mawardi kepada wartawan di Meulaboh, Senin.

Menurutnya, ada sekitar 78 lembar bendera yang dibagikan kepada masyarakat komunitas nelayan, agar dipasang pada kapal motor/boat nelayan.

Ada pun lokasi pembagian Bendera Merah Putih tersebut dilakukan di pangkalan nelayan Desa Panggong, Desa Rundeng dan Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat.

Menurutnya, pembagian Bendera Merah Putih tersebut sebagai upaya kepolisian di Aceh Barat, untuk menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 tahun yang diperingati setiap tanggal 17 Agustus.

Baca juga: Pemprov Kaltim bagikan 1.200 bendera merah putih kepada masyarakat
Baca juga: Ubaya bagikan ratusan bendera ke warga sekitar


Selain itu, tujuan pembagian Bendera Merah Putih ini sebagai upaya meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), serta meningkatkan rasa cinta Tanah Air.

Selain membagikan bendera kepada nelayan, kata AKP Mawardi, petugas kepolisian turut mengganti sejumlah bendera yang tidak layak pakai di atas kapal motor nelayan.

Polres Aceh Barat berharap dengan adanya kegiatan tersebut, dapat menggugah hati masyarakat agar memasang Bendera Merah Putih menjelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Republik Indonesia.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk mengingat jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang memerdekakan negara kita ini,” kata AKP Mawardi.

Pihaknya juga mengimbau masyarakat agar mengibarkan Bendera Merah Putih selama bulan Agustus 2023 di setiap rumah masyarakat, perkantoran, serta di setiap kendaraan bermotor.

Baca juga: Mendagri canangkan pembagian 10 juta bendera di Bulukumba
Baca juga: Banda Aceh canangkan gerakan 10 juta bendera Merah Putih
Baca juga: TNI bersama siswa bagikan bendera merah putih di ikon Kota Ambon

Pewarta: Teuku Dedi Iskandar
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023