Jakarta (ANTARA) - Bakal calon presiden Partai Gerindra Prabowo Subianto mengingatkan relawan dari berbagai organisasi pendukung dirinya untuk menghindari segala bentuk kampanye hitam atau menjelek-jelekkan bakal capres lainnya yang maju pada Pemilihan Umum 2024.

Prabowo menjelaskan para relawan harus ikut serta menjaga iklim Pilpres 2024 tetap kondusif dan damai sehingga mereka tidak boleh terseret dalam upaya-upaya yang memecah belah persatuan bangsa.

"Kita punya keyakinan masa depan Indonesia gemilang. Untuk itu, kita bersatu jangan dipecah belah. Sudah lama kita diadu domba, jangan mau dipecah belah. Saya minta saudara-saudara yang mendukung saya, yang bersama saya, jangan sekali-kali kita lakukan hal negatif. Kalau Anda cinta dengan saya, jangan sekali-kali berbuat negatif terhadap siapa pun," kata Prabowo Subianto di hadapan para relawan saat meresmikan Rumah Pemenangan Relawan Prabowo 2024 di Jakarta, Selasa.

Ketua Umum Partai Gerindra itu melanjutkan para relawan harus dapat mempraktikkan demokrasi kekeluargaan sehingga negara-negara lain dapat melihat pemilihan presiden di Indonesia berjalan damai dan kondusif.

"Semua partai punya anak-anak bangsa yang pintar. Jangan sekali-kali menjelek-jelekkan siapa pun. Itu sungguh kita jaga. Mari kita buktikan ke negara lain, jalankan demokrasi kekeluargaan. Pancasila! Kita bersaing sebagai keluarga besar," katanya.

Prabowo juga menyampaikan bahwa dirinya bersahabat dengan dua orang bakal calon presiden lainnya, yaitu Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan dan Anies Baswedan, yang diusung koalisi Partai NasDem, PKS, dan Partai Demokrat.

"Sekali lagi, Pak Ganjar adalah sahabat saya. Anies Baswedan adalah sahabat saya. Kami bersaing dengan gagasan, adu program, dan berlomba membela rakyat," katanya.

Baca juga: Pengamat: Prabowo hadapi tantangan menentukan bakal calon wapres

Prabowo Subianto tiba di Rumah Pemenangan Relawan Prabowo 2024 di Jalan Imam Bonjol, Menteng, Jakarta, sekitar pukul 16.30 WIB. Setibanya di lokasi, Prabowo disambut ratusan relawan yang berebut menyapa dan menyalaminya.

Ketua Umum Gerindra itu langsung masuk ke ruangan dan diperkenalkan kepada sejumlah organisasi, termasuk di antaranya organisasi-organisasi relawan pendukung Presiden Joko Widodo yang pada Pilpres 2024 resmi mendukung Prabowo Subianto.

Kemudian, Prabowo lanjut menyampaikan pidato politiknya di hadapan para relawan. Selepas itu, Prabowo lanjut membunyikan gong selama delapan kali sebagai tanda peresmian Rumah Pemenangan itu.

Prabowo tidak sempat memberikan keterangan kepada media karena situasi massa yang tidak terkendali. Dia langsung masuk mobil dan menyapa para pendukungnya dari atap terbuka mobil. Dia pun melanjutkan perjalanan ke Hotel Bidakara, Jakarta, untuk berbicara dalam seminar yang digelar oleh Universitas Kebangsaan.

Baca juga: Prabowo sebut Jokowi tak campuri urusan parpol

Rumah Pemenangan Relawan Prabowo 2024 yang diresmikan itu terdiri atas sejumlah organisasi relawan, di antaranya kelompok-kelompok masyarakat pendukung Presiden Jokowi. Rumah Pemenangan itu dipimpin oleh Immanuel Eben Ezer sebagai ketua harian.

Immanuel dalam sesi jumpa pers selepas kunjungan Prabowo menyampaikan kemungkinan ada dua juru bicara yang ditunjuk untuk mewakili Rumah Pemenangan, yaitu politikus Partai Gerindra Dedi Mulyadi dan Roy Maningkas, yang merupakan pendiri Barisan Relawan Jokowi Presiden (Bara JP).

Pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan berlangsung pada 19 Oktober 2023 sampai dengan 25 November 2023.

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu (UU Pemilu) mengatur pasangan calon presiden dan wakil presiden diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik peserta pemilu yang memenuhi persyaratan perolehan kursi paling sedikit 20 persen dari jumlah kursi DPR atau memperoleh 25 persen dari suara sah secara nasional pada pemilu anggota DPR sebelumnya.

Saat ini, ada 575 kursi di parlemen sehingga pasangan calon presiden dan wakil presiden pada Pilpres 2024 harus memiliki dukungan minimal 115 kursi dari DPR RI. Pasangan calon juga dapat diusung oleh parpol atau gabungan parpol peserta Pemilu 2019 yang total perolehan suara sahnya minimal 34.992.703 suara.

Baca juga: Prabowo tegaskan kesepakatan cawapres dilakukan melalui musyawarah
Baca juga: Prabowo: Persatuan dan kesatuan syarat utama menuju Indonesia Maju


Pewarta: Genta Tenri Mawangi
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2023