Purwokerto (ANTARA) - Universitas Islam Negeri Prof KH Saifuddin Zuhri (UIN Saizu) Purwokerto menjalin kerja sama dengan Pusat Riset Kerajaan Arab Saudi untuk meneguhkan jalan UIN Saizu menuju universitas berkelas dunia (world class university).

"Kerja sama tersebut telah kami tanda tangani bersama Kepala Center for Research and Intercommunication Knowledge (CRIK) Prof. Dr. Yahya Mahmoud bin Junaid di Kantor CRIK, Riyadh, Arab Saudi, pada 7 Agustus 2023," kata Rektor UIN Saizu Prof. Dr. Mohammad Roqib di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Rabu.

Ia mengatakan kerja sama dengan negara-negara di Timur Tengah, khususnya Arab Saudi itu terinspirasi arahan Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas.

Baca juga: Akademisi: Guru berperan penting bangun generasi berkualitas

Menurut dia, hal itu dilakukan mengingat Timur Tengah merupakan salah satu sasaran strategis kerja sama Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).

"Kita bicarakan kerja sama sekaligus implementasi teknis antara UIN Saizu dan CRIK. Mulai kolaborasi penelitian, penerjemahan, pembelajaran bahasa Arab, hingga publikasi ilmiah, juga publikasi artikel ilmiah populer di media-media Arab Saudi," katanya.

Ia mengatakan posisi CRIK sangat strategis, karena merupakan lembaga riset yang berisi peneliti dan akademisi dari kampus-kampus top di Arab Saudi.

Bahkan, kata dia, beberapa kampus diantaranya masuk dalam daftar top 500 ranking dunia seperti Taif University Makkah, Islamic University of Madinah, dan Majma'ah University Riyadh.

Lebih lanjut, pria yang akrab disapa Kiai Roqib itu mengatakan dalam lawatan yang didampingi Wakil Rektor 1 Prof Fauzi, Wakil Rektor 3 Prof Sulkhan Chakim, dan Direktur Internasional Office UIN Saizu, Dr Mohammad Sobirin, dia berkesempatan mengunjungi Sekolah Indonesia Riyadh, Sekolah Indonesia Jeddah, serta Sekolah Indonesia Mekah.

Baca juga: Akademisi: Keluarga merupakan fondasi ketahanan negara

Baca juga: Rektor UIN Saizu: Indonesia butuh orang seperti Ganjar Pranowo


Dalam kesempatan itu, kata dia, pihaknya menandatangani nota kesepahaman dengan Kepala Sekolah Indonesia Riyadh Mustajib, M.Pd. dan Kepala Sekolah Indonesia Jeddah yang juga Kepala Sekolah Indonesia Mekah Sutikno, M.Pd.

Menurut dia, implementasi kerja sama tersebut meliputi praktik pengalaman lapangan (PPL) dan kuliah kerja nyata (KKN) Internasional bagi mahasiswa maupun dosen UIN Saizu Purwokerto.

"Kami juga menggagas pengabdian internasional di dunia Islam dan UIN Saizu mendapat sambutan baik dari Sekolah Indonesia Luar Negeri di Riyadh, Jeddah, maupun Mekah. Ini tentu kabar baik untuk implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi sivitas akademika UIN Saizu Purwokerto," kata Prof Roqib yang juga Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Banyumas.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023