Jakarta (ANTARA) - Duta Besar RI untuk Mesir Lutfi Rauf bertemu dengan Asisten Menteri Perdagangan dan Industri Mesir Yahya Al Wathiq Billah untuk membahas tindak lanjut pembentukan Komite Perdagangan Bersama (JTC) kedua negara.

Pembicaraan yang berlangsung di Kantor Kementerian Perdagangan dan Industri Mesir pada Selasa (15/8) itu dilakukan menyusul kunjungan Menteri Perdagangan Indonesia ke Mesir guna mendorong upaya yang dapat dilakukan kedua negara dalam hal kemudahan berusaha dan investasi.

Kedua negara juga membahas rencana pertemuan delegasi perdagangan dan investasi Mesir di Indonesia, mekanisme pengaturan perdagangan, termasuk penjajakan usaha patungan Indonesia-Mesir di Zona Ekonomi Terusan Suez (SCEZ) dan penjajakan ke arah kesepahaman perjanjian perdagangan bebas Indonesia-Mesir.

"Sesuai harapan Menteri Perdagangan RI, pelaku bisnis utama Mesir dapat langsung melakukan pertemuan bisnis dengan pelaku usaha di Indonesia untuk membahas peningkatan ekspor dan investasi kedua negara,” kata Lutfi dalam pertemuan dengan Asisten Mendag Mesir, seperti disampaikan melalui keterangan tertulis KBRI Kairo.

Asisten Mendag Mesir Yahya Al Wathiq Billah menyambut baik ajakan dan harapan Dubes RI dan akan merencanakan kunjungan resmi Kementerian Perdagangan dan Industri Mesir ke Indonesia tahun ini

Yahya juga mengajak para pelaku usaha Indonesia untuk dapat berinvestasi di Mesir dan memanfaatkan kemudahan-kemudahan berusaha di Mesir termasuk memanfaatkan peluang berinvestasi di SCEZ.

Lebih lanjut, dia mengapresiasi skema transaksi imbal dagang yang telah diinisiasi oleh kedua negara.

Menurut dia, pemerintah Mesir sangat mendukung kegiatan transaksi imbal dagang Indonesia-Mesir ini karena memberikan banyak keuntungan bagi kepentingan perdagangan kedua negara, termasuk Mesir yang membutuhkan banyak produk-produk pendukung untuk industrinya.

“Mesir memiliki konsumen terbesar di Afrika, dan untuk memenuhi kebutuhan pasar di regional Afrika, Timur Tengah, dan Eropa, Mesir membutuhkan produk-produk pendukung industri—dan Indonesia selama ini menjadi mitra strategis Mesir dalam memenuhi kebutuhan Mesir,” kata Yahya.

Dia berharap intensitas kerja sama di bidang ekonomi, perdagangan, serta business to businessantara Indonesia dan Mesir terus meningkat.

Baca juga: Indonesia, Mesir sepakat untuk perkuat kerja sama kesehatan, ekonomi
Baca juga: Indonesia-Mesir bahas kerja sama pemulihan ekonomi saat pandemi
Baca juga: Indonesia-Mesir sepakat tingkatkan kerja sama ekonomi

 

Pewarta: Yashinta Difa Pramudyani
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023