Jakarta (ANTARA) -
 
Vietnam merupakan salah satu pesona di Asia Tenggara, banyak destinasi wisata di berbagai kota, antara lain Ho Chi Minh, Da Nang dan Hanoi, serta kuliner lezat yang bisa dinikmati di negara itu.

Maskapai Vietjet Air, yang setidaknya memiliki tiga penerbangan langsung yang menghubungkan Vietnam dengan Indonesia, baru-baru ini mengajak jurnalis merasakan terbang langsung dari Jakarta menuju Ho Chi Minh, kota terbesar di negara itu. Vietjet membuka tujuh penerbangan dalam seminggu dari Jakarta - Ho Chi Minh, yang ditempuh dengan pesawat modern, salah satunya Airbus A330.

ANTARA bertolak ke Ho Chi Minh dari Bandara Internasional Soekarno Hatta sekitar pukul 13:30 WIB dan sampai pukul 16:30 waktu Vietnam di Tan Son Nhat International Airport, tidak ada perbedaan waktu antara Jakarta dengan kota tersebut. Setelah sampai di Ho Chi Minh, ANTARA langsung melanjutkan penerbangan Vietjet domestik ke Da Nang pada malam hari, perjalanan membutuhkan waktu sekitar 1 jam 45 menit.

Selama perjalanan dengan Vietjet ke berbagai kota di Vietnam, ANTARA mendapatkan fasilitas kursi Skyboss, salah satu kategori kelas pada penerbangan maskapai itu. Kelas Skyboss terletak di empat baris kursi terdepan sehingga penumpang mendapatkan ruang kaki yang cukup lega.

Vietjet Air termasuk low cost-carrier atau maskapai bertarif rendah, maka tiket penerbangan tidak termasuk inflight meals (makanan). Tapi, penumpang tidak perlu khawatir karena bisa memesan makanan secara online sebelum terbang atau langsung saat penerbangan.
 
Hidangan dalam penerbangan Vietjet Air, yaitu "bun xao Singapore" atau mi a la Singapura. (ANTARA/Fitra Ashari)


Makanan yang ditawarkan ada bermacam pilihan, mulai dari pho instan, nasi lemak, mi udang Singapura dan beberapa menu lainnya. Untuk minuman, Vietjet  juga menawarkan beragam pilihan seperti coklat hangat, teh jahe hingga boba milktea

Selain makanan berat, Vietjet juga menawarkan camilan seperti keripik kentang, biskuit coklat, permen dan jeli.

Rasa makanan cukup lezat dan cocok untuk lidah orang Indonesia. Pada setiap pemesanan makanan, penumpang akan mendapatkan bonus kacang dan telur rebus.

Selama perjalanan, pelayanan Vietjet mengesankan dan pramugari cukup membantu ketika penumpang kesulitan dalam mengetahui isi menu.

Salah satu keuntungan kelas Skyboss, penumpang mendapatkan prioritas untuk bagasi sehingga mereka tidak perlu menunggu lama. Penumpang Skyboss mendapat fasilitas berupa bagasi 30 kilogram dan hand carry (barang yang dibawa ke kabin) sebanyak 7 kilogram.

Penumpang Skyboss juga mendapat fasilitas lounge (ruang tunggu) di bandara.

Vietjet menyediakan asuransi perjalanan Sky Care secara gratis untuk semua penumpang di semua kelas tiket dan di seluruh jaringan penerbangan guna memberikan pengalaman terbang yang aman dan menyenangkan.

Masih dalam rangka perayaan rute baru, Vietjet memberikan promosi untuk penerbangan Jakarta - Kota Ho Chi Minh dengan promo hingga Maret 2024 mendatang.

Wisatawan Indonesia dapat mencari tiket dengan harga terjangkau mulai dari Rp900.000 sekali jalan termasuk pajak dan biaya tambahan setiap hari Rabu, Kamis, dan Jumat hingga akhir tahun. Waktu penerbangan untuk tiket promosi Vietjet mulai dari 10 Agustus 2023 hingga 31 Maret 2024, tidak termasuk hari libur umum.

Baca juga: Vietjet resmi luncurkan rute penerbangan Jakarta - Ho Chi Minh City

Baca juga: Vietjet tingkatkan jumlah penerbangan rute Indonesia-Vietnam

Baca juga: Emirates: Operasional A380 ke Bali adalah komitmen terhadap Indonesia

​​​​​​​
Baca juga: Garuda Indonesia luncurkan Program Travel Deals Spesial sambut HUT RI

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Natisha Andarningtyas
Copyright © ANTARA 2023