Jakarta (ANTARA) -
Festival Mooncake adalah salah satu kegiatan tradisional Tiongkok yang dirayakan masyarakat Tionghoa di berbagai negara, khususnya di Asia, bertepatan dengan kehadiran bulan purnama pada pertengahan musim gugur, yang pada tahun ini diselenggarakan pada 29 September.

Untuk merayakan festival yang juga biasa dikenal Mid-Autumn Festival, melalui siaran persnya, Jumat, Vietjet menawarkan promo tiket penerbangan bagi para wisatawan Indonesia dengan harga mulai dari Rp0,- yang mencakup seluruh jaringan penerbangan Vietjet sehingga wisatawan hanya perlu mengeluarkan uang Rp900.000,-/ sekali jalan untuk membayar pajak dan biaya tambahan saja. 
 
Rayakan kemeriahan dan kebahagiaan festival warga Tionghoa ini dengan berbagai kegiatan khas antara lain:

Baca juga: Vietjet buka penerbangan Ho Chi Minh-Kochi dan tawarkan tiket gratis
 
1. Makan Kue Bulan
Mooncake atau kue bulan adalah hidangan khas di festival ini, yang umumnya berisi kacang merah. Kue ini memiliki rasa yang manis dan lembut di lidah dengan tekstur yang lembut. Di festival Mooncake, orang-orang akan berbagi kebahagiaan dengan menikmati kue ini secara bersama-sama.
 
2. Makan Malam Bersama
Festival Mooncake juga kerap dirayakan dengan acara makan malam bersama. Selain kue bulan, berbagai sajian makanan khas Tiongkok juga ada dalam kegiatan ini untuk disantap bersama keluarga atau orang terdekat sehingga menciptakan suasana kebersamaan yang hangat.
 
3. Menyalakan Lentera
Masyarakat Tionghoa juga memeriahkan Festival Mooncake dengan bersama-sama menyalakan lentera di sekitar rumah, taman, atau tempat-tempat umum. Suasana tersebut menyimbolkan kebahagiaan kolektif yang mereka rasakan.
 
4. Pentas Budaya
Di beberapa tempat, masyarakat Tionghoa juga menggelar pertunjukan seni seperti tarian naga dan singa dengan alunan musik tradisional khas Tiongkok. Hal ini menambah kesan meriah di tengah kebahagiaan yang mereka rasakan bersama-sama. Selain itu, terdapat pula permainan-permainan tradisional yang diikuti oleh anak-anak.

Baca juga: Menikmati penerbangan ke Vietnam bersama maskapai Vietjet
 
5. Memberikan Hadiah
Semangat kebersamaan dalam Festival Mooncake juga semakin terasa dengan adanya kegiatan pemberian hadiah. Biasanya, masyarakat Tionghoa saling berbagi kue bulan secara gratis, tetapi ada pula yang membagikan barang-barang kepada keluarga dan teman terdekat sebagai bentuk penghormatan.
 
6. Mengunjungi Tempat Ibadah
Jika Anda menghadiri Festival Mooncake, Anda juga akan melihat masyarakat Tionghoa mengunjungi tempat-tempat ibadah. Di sana mereka merayakan kebahagiaan festival ini dengan cara berdoa bersama komunitas keagamaan mereka.
 
7. Menggunakan Pakaian Tradisional
Pada Festival Mooncake, orang-orang juga akan menggunakan berbagai jenis pakaian tradisional mereka. Dengan demikian, pengunjung dapat merasakan budaya otentik mereka di tengah-tengah kemeriahaan festival.
 
Anda bisa menikmati keseruan Festival Mooncake di berbagai negara seperti Vietnam, Singapura, Hong Kong, dan Taiwan, dengan memanfaatkan promo tiket Vietjet.
 
Dengan terbang bersama Vietjet dari 12 September hingga 22 September 2023, penumpang memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam program “Welcome Mid-Autumn, Spread Love”.
 
Program ini memungkinkan penumpang membeli kue bulan dalam penerbangan Vietjet. Nantinya, seluruh keuntungan dari penjualan kue bulan tersebut akan disumbangkan untuk anak-anak yang membutuhkan.
 
Saat ini Vietjet telah berhasil mengoperasikan layanan penerbangan antara Indonesia dan Vietnam yang saat ini memiliki 3 rute, yaitu dari Bali ke Ho Chi Minh City, Bali ke Hanoi, dan Jakarta ke Ho Chi Minh City.
 
Promo ini berlaku untuk semua penerbangan domestik dan internasional Vietjet Air dengan jadwal penerbangan 9 Oktober 2023 hingga 31 Oktober 2024, sehingga para tamu dapat secara langsung melakukan pemesanan melalui situs web www.vietjetair.com atau aplikasi Vietjet Air.

Baca juga: Vietjet resmi luncurkan rute penerbangan Jakarta - Ho Chi Minh City

Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023